Pengertian Data Kuantitatif dan Data Kualitatif

Pengertian data kuantitatif dan data kualitatif merupakan istilah data yang digunakan dalam sebuah metode penelitian sebagai dasar kesimpulan atau hasil dari penelitian yang dilakukan.

Kedua data tersebut memiliki perbedaan fungsi, sifat, maupun cara pengumpulannya. Dengan demikian pengertian data kualitatif dengan data kuantitatif memiliki perbedaan arti.

Data Kuantitatif dan Kualitatif

Berikut penjelasan singkat tentang data kuantitatif dan data kualitatif berikut contohnya.

 

Data Kuantitatif

Pengertian data kuantitatif adalah data informasi yang berupa simbol angka atau bilangan. Berdasarkan simbol-simbol angka tersebut, perhitungan secara kuantitatif dapat dilakukan untuk menghasilkan suatu kesimpulan yang berlaku umum di dalam suatu parameter.

Nilai data bisa berubah-ubah atau bersifat variatif. Proses pengumpulan data kuantitatif  tidak membutuhkan banyak waktu dan sangat mudah dilakukan.

Contoh data kuantitatif 

  • Jumlah siswa di SD Kampung Pojok tahun ajaran 2015-2016 sebanyak 250 siswa terdiri dari 150 siswa dan 100 siswi.
  • Guru yang mengajar di SD Kampung Pojok pada tahun 2016 berjumlah 12 orang.
  • Jarak lokasi SD Kampung Pojok dengan jalan utama sejauh 1.5 km
  • Waktu belajar siswa adalah 6 jam pelajaran.

Data Kualitatif

Pengertian data kualitatif adalah data informasi yang berbentuk kalimat verbal bukan berupa simbol angka atau bilangan. Data kualitatif didapat melalui suatu proses menggunakan teknik analisis mendalam dan tidak bisa diperoleh secara langsung.

Dengan kata lain untuk mendapatkan data kualitatif lebih banyak membutuhkan waktu dan sulit dikerjakan karena harus melakukan wawancara, observasi, diskusi atau pengamatan.

Contoh data kualitatif 

  • Bunga melati lebih harum dari bunga mawar
  • Warung Tegal Bu Ani laris karena masakannya lebih enak dari Bu Karim
  • Jangan membeli handphone di toko A karena cepat rusak
  • Ani lebih kurus dibandingkan Anto

Kesimpulan

Secara sederhana, data dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis, yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif juga dikenal dengan data kategori dan data kuantitatif dikenal sebagai data numerik.

Definisi variabel kualitatif adalah sifat suatu hasil pengamatan yang dicatat sebagai kategori, namun tidak menunjukkan suatu hubungan.

Variabel kuantitatif adalah sifat hasil pengamatan yang dicatat sebagai nilai numerik dan mempunyai arti. Data kuantitatif adalah sekumpulan nilai numerik berbeda dan mempunyai arti.

Perbedaan penting antara variabel kualitatif dan variabel kuantitatif adalah: Hasil perhitungan matematis, seperti penjumlahan dan pengurangan. Pada variabei kuantitalif mempunyai arti, sedangkan pada variabel kualitatif tidak.

 

Pengertian Data Kuantitatif dan Kualitatif – Kanal Informasi

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

6 Comments

  1. Terimaksih artikelnya sangat membantu saya membedakan mana data kualitatif dan mana data kuantitatif. untuk yang lagi menyusun skripsi bisa menggunakan 8 Macam model metode SDLC

  2. komentar saya cukup memberikan informasi dengan penguraian yang sederhana tapi mudah di dimengerti Thank,s Bapak.

    1. untuk kualitatif mudah misal kepuasan pelanggan misal puas dan tidak puas
      bisa juga enak tidak enak. sehat tidak sehat, dll

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *