Inilah Beberapa Penyebab Ketiak Bau

Seringkali orang menganggap bahwa keringat adalah penyebab ketiak bau yang bisa membuat rasa percaya diri menjadi berkurang serta tidak bisa beraktivitas dengan nyaman. Padahal, keringat pada dasarnya tidak menimbulkan bau. Lantas, apa penyebab ketiak bau itu?  Selain bakteri, ada beberapa penyebab ketiak bau yang bisa dipicu oleh usia, jenis kelamin, makanan yang dikonsumsi, gaya hidup serta kualitas kesehatan. Simak terus ulasannya di bawah ini.

Penyebab Ketiak Bau

 

Penyebab Ketiak Bau

Ketiak merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang paling rentan dalam mengeluarkan bau badan karena lebih banyak berkeringat dibandingkan area lainnya. Meskipun keringat yang berasal dari kelenjar apokrin pada dasarnya tidak berbau, namun bau tubuh manusia dapat dipengaruhi oleh proses sekresi hormon yang berbeda karena dipengaruhi beberapa faktor, maka bau tubuh yang dihasilkan juga berbeda-beda.

Kondisi kelenjar apokrin dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, makanan yang dikonsumsi, kualitas kesehatan, serta gaya hidup. Gangguan kesehatan tertentu, gaya hidup yang kurang sehat, serta konsumsi jenis makanan beraroma menyengat dapat memperbesar risiko bau ketiak.

Inilah beberapa penyebab ketiak bau.

1. Mengkonsumsi Jenis Makanan dan Minuman Tertentu

Tanpa disadari banyak orang mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu yang dapat menyebabkan bau ketiak muncul. Beberapa makanan penyebab timbulnya bau ketiak yang menyengat antara lain: bawang, keju, kubis, asparagus, dan lain-lainnya. Sedangkan mengkonsumsi minuman beralkohol berlebihan dianggap sebagai pemicu bau ketiak menyengat.

2. Keringat Berlebih

Keringat yang berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab bau ketiak yang sering dialami banyak orang. Keringat berlebih akan mempercepat perkembangbiakan bakteri penyebab bau ketiak. Semakin banyak aktivitas maka tubuh juga akan sering mengeluarkan banyak keringat. Oleh karena itu, jika cenderung memiliki keringat berlebihan harus lebih rajin membersihkan diri usai beraktivitas.

3. Memiliki Berat Badan Berlebih

Berat badan berlebih juga berisiko bisa menyebabkan bau badan menyengat. Lipatan lemak yang jumlahnya banyak bisa membuat kotoran dan bakteri penyebab bau badan tertahan pada permukaan kulit. Terlebih jika Anda memiliki aktivitas yang cukup banyak dengan postur tubuh yang cukup besar. Bahkan, bau ketiak akan semakin menyengat jika malas membersihkan tubuh secara teratur.

4. Menjaga Ketiak

Sering kali orang mengabaikan kondisi ketiak seperti tidak mengeringkan ketiak dengan benar setelah mandi, enggan mencukur bulu ketiak, malas menggunakan deodoran, sehingga membuat ketiak kotor dan berbau. Kebiasaan buruk ini membuat bakteri berkembang biak pada ketiak. Ketiak yang kotor atau sering tidak dibersihkan memiliki risiko besar mengalami bau ketiak tak sedap.

5. Merokok

Rokok memang berbahaya untuk kesehatan karena bisa menyebabkan berbagai penyakit. Selain itu, asap rokok yang menempel pada baju bisa menyebabkan bau badan. Jika Anda adalah pecandu rokok maka keringat yang Anda keluarkan akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

6. Penggunaan Pakaian 

Menggunakan pakaian yang terlalu ketat akan membuat gerak menjadi kurang leluasa sehingga mudah berkeringat. Jika pakaian ketat membuat keringat jadi berlebihan maka bau ketiak pun tak dapat dihindari lagi. Selain itu menggunakan baju yang kotor atau basah, kemungkinan besar berisiko mengalami bau badan tak sedap akibat perkembangbiakan bakteri pada pakaian dan ketiak.

Untuk itu gunakan pakaian yang longgar, bahan yang nyaman dan mudah menyerap keringat serta bersih dan kering akan membuat pori-pori kulit mudah bernapas sehingga tidak cepat berkeringat dan tidak menimbulkan bau badan yang menyengat.

7. Terlalu Stress

Memiliki stress berlebih juga bisa menjadi penyebab bau ketiak. Solusi atau cara menghilangkan bau ketiak akibat stress ini hanya bisa dihilangkan dengan mengubah pola pikir yang selalu overthinking menjadi lebih positif. Jika terlalu stress maka sistem tubuh tidak akan stabil dan bisa menyebabkan Anda berkeringat lebih banyak.

8. Mengkonsumsi Obat dalam Waktu Lama

Ada beberapa jenis obat yang bisa memicu bau ketiak jika dikonsumsi dalam waktu yang lama. Misalkan obatan-obatan penghilang rasa sakit  dan obat hormonal lainnya ternyata juga bisa memicu keringat berlebihan. Tentu saja keringat berlebihan yang dibiarkan begitu saja akan menyebabkan bau ketiak semakin menyengat seperti yang telah dibahas di atas.

Demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab bau ketiak. Jika Anda mengalami masalah bau ketiak berlebihan, mungkin mengalami hal-hal seperti yang terjadi diatas.

 

Inilah Beberapa Penyebab Ketiak Bau

Memuat...

About the Author: Kanal Informasi

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *