Apa Itu Ghost Kitchen? Dan Bagaimana Cara Memulainya?

Bisnis kuliner memang seperti tidak ada matinya. Meskipun sempat terdampak oleh pandemi, bukan berarti bisnis ini seketika mati. Ada saja tren-tren baru di dalamnya, salah satunya adalah ghost kitchen. Konsep yang juga kerap disebut cloud kitchen ini memang menjadi sebuah angin segar bagi pelaku bisnis di era modern seperti saat ini. Selain menguntungkan penjual, pembeli pun bisa merasakan benefitnya.

Ghost Kitchen Dan Cara Memulainya

Ghost Kitchen Dan Cara Memulainya

Lalu, apa sebenarnya cloud kitchen itu? Penggunaan istilah cloud atau ghost bukan tanpa alasan. Konsep bisnis ini adalah melakukan bisnis makanan seperti pada umumnya, akan tetapi tidak ada tempat untuk makan. Dapurnya pun tidak diperlihatkan kepada pembelinya. Itulah alasan kenapa disebut ghost. Biasanya dapur tersebut adalah rumahan ataupun sewaan.

Keunggulan Cloud Kitchen

1. Lebih rendah risiko

Keunggulan yang pertama adalah minim risiko. Maksud risiko di sini adalah terkait uang dikeluarkan sebagai modal. Seperti kita ketahui, ketika ingin memulai bisnis kuliner konvensional dibutuhkan modal cukup banyak guna menyewa tempat. Akan tetapi, dengan menggunakan konsep ini hal tersebut tidak perlu dilakukan. Jadi, Anda tidak perlu menghadapi risiko mengalami kerugian besar.

2. Efisiensi jumlah karyawan

Selain biaya operasional tempat, pebisnis juga harus memikirkan tentang gaji karyawan. Konsep dapur ini bisa sedikit membantu mengurangi jumlah karyawan. Setidaknya tidak perlu ada bagian pelayan, kasir, serta petugas kebersihan. Dari dua kelebihan di atas sudah bisa dibayangkan betapa banyaknya biaya bisa dihemat menggunakan dapur ini.

3. Memiliki banyak brand

Bukan tidak mungkin jika Anda ingin mempunyai banyak brand. Terlebih lagi saat ini semua bisa dilakukan secara online. Selagi belum ada pengguna nama atau logo sebelumnya, Anda bisa membuat banyak brand hanya dalam satu dapur saja. Cara ini bisa membantu menyasar pasar lebih luas lagi. Bahkan, angka penjualan bisa menjadi berkali-kali lipat.

4. Handle banyak pesanan dalam satu aplikasi

Beberapa penyedia cloud kitchen seperti Everplate menyediakan berbagai keunggulan seperti bisa mengelola banyak pesanan hanya dalam satu aplikasi saja. Tentu ini sangat membantu ketika ingin menggunakan jasa food delivery. Semua pesanan dapat disortir secara rapi sehingga hanya perlu langsung menyiapkan masakannya saja.

Bagaimana Cara Memulai Ghost Kitchen?

Apakah Anda tertarik untuk menekuni bisnis ini? Jika iya, silakan simak beberapa tips berikut ini.

1. Pilih lokasi dapur yang strategis

Meskipun sebenarnya bisa dilakukan di mana saja, akan tetapi jauh lebih baik jika Anda mencari lokasi dapur yang strategis. Hal ini bertujuan agar memudahkan proses pengantaran. Selain itu, lokasi strategis juga akan membuat mitra food delivery lebih mudah mengambil pesanan untuk kemudian diantarkan ke tempat pembeli.

2. Membuat menu menarik

Salah satu tantangan konsep ini adalah pembeli tidak bisa melihat langsung proses memasak atau makanan di lokasi. Jadi, Anda sebagai pebisnis harus bisa menarik perhatian pembeli dengan membuat menu semenarik mungkin. Siapkan juga alat pendukung lain seperti peralatan fotografi serta desain menarik.

3. Memilih mitra yang tepat

Ada dua pilihan ketika ingin menjalankannya, yakni menggunakan dapur sendiri atau memilih mitra. Jika menggunakan dapur sendiri, pastikan Anda memiliki peralatan lengkap serta higienis. Akan tetapi, jika hal tersebut dirasa cukup merepotkan, memilih mitra adalah pilihan tepat.

Demikian pembahasan mengenai kelebihan ghost kitchen beserta bagaimana cara memulainya. Sebenarnya hal ini cukup mudah dilakukan mengingat dari segi konsep hampir mirip seperti katering.

Jadi, jika Anda pernah menekuni dunia tersebut, menjalankan cloud kitchen tidak perlu penyesuaian terlalu lama. Salah satu rekomendasi penyedia cloud kitchen di Indonesia adalah Everplate. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs resminya di everplate.co.id.

 

Ghost Kitchen Dan Cara Memulainya

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *