Minggu, 28 Oktober 2018

Pengertian Radikal dan Radikalisme

Istilah radikal dalam bahasa Indonesia merupakan kata serapan dari bahasa Inggris “radical” yang secara etimologi berasal dari bahasa Latin “radix, radicis” yang memiliki arti akar, sumber, atau asal mula. Dalam perkembangannya, istilah radikal memiliki banyak arti mengacu pada hal-hal mendasar, pokok, dan esensial pada bidang ilmu tertentu. 


Radikal dan Radikalisme


Pengertian Radikal


Dalam KKBI online Kemendikbud, pengertian radikal memiliki 2 pengertian yaitu: 1) secara mendasar (sampai kepada hal yang prinsip), amat keras menuntut perubahan (undang-undang, pemerintahan), maju dalam berpikir atau bertindak; 2) gugus atom yang dapat masuk ke dalam berbagai reaksi sebagai satu satuan, yang bereaksi seakan-akan satu unsur saja, misalnya CH3- (metil), C2H5- (etil), SO4 (sulfat).

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Th. 1990, radikal diartikan sebagai “secara menyeluruh”, “habis-habisan”, “amat keras menuntut perubahan”, dan “maju dalam berpikir atau bertindak”.

Pengertian radikal dalam bahasa Inggris (radical) juga memiliki banyak arti baik itu sebagai kata sifat maupun kata benda berdasarkan bidang tertentu.

Pengertian Radikal Dalam Politik, Sosial, Budaya
  • Berhubungan dengan karakteristik konstitusi yang mendasar atau melekat dari seseorang atau sesuatu hal; fundamental. 
  • Tuntutan perubahan substansial yang ekstrem di dalam suatu sistem. 
Pengertian Radikal Dalam Sains
  • Sebuah kelompok dari elemen atau atom yang tidak berubah oleh reaksi kimia atau dikenal dengan Radikal Bebas. (Ilmu kimia) 
  • Perawatan medis dengan tindakan ekstrem, drastis, atau inovatif. (ilmu kedokteran) 
  • Dirancang untuk bertindak atau menghilangkan satu akar penyebab proses patologis.(kedokteran) 
  • Suatu akar dari jumlah atau kuantitas yang ditunjukkan oleh tanda radikal (√). (matematika) 
Dengan demikian, pengertian radikal secara luas mengacu pada hal-hal yang mendasar, pokok, dan esensial berdasarkan makna teknis dalam ranah suatu ilmu.

Pengertian Radikalisme


Pengertian radikalisme adalah suatu paham yang berkaitan dengan radikal. Umumnya pengertian radikalisme berkaitan dengan politik, sosial, budaya yang memiliki pengertian faham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan dan perombakan besar sosial politik dengan cara kekerasan atau drastis sebagai jalan untuk mencapai kemajuan.

Ensiklopedi online membuat definisi yang lebih spesifik tentang pengertian radikalisme adalah suatu paham yang dibuat-buat oleh sekelompok orang yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik secara drastis dengan menggunakan cara-cara kekerasan.


Pengertian Radikal dan Radikalisme 

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...