Jumat, 14 September 2018

Apa itu Web Hosting?

Bagi orang yang telah memiliki atau mengelola sebuah situs web atau blog, pastilah telah mengenal dengan istilah web hosting atau hosting, apalagi jika menggunakan layanan web hosting oleh Hostinger yang telah banyak digunakan orang. Namun bagi orang awan atau orang yang akan mencoba berkecimpung dalam dunia web, mungkin belum begitu paham dengan pengertian web hosting. Padahal hosting atau web hosting merupakan hal mendasar dalam web di dunia internet.

web hosting Hostinger

Pengertian Web Hosting


Web hosting merupakan gabungan dari 2 (dua) kata yaitu web dan hosting. Pengertian Web adalah nama umum untuk World Wide Web (WWW) yaitu bagian dari Internet yang terdiri dari halaman-halaman yang dapat diakses oleh browser Web. Banyak orang menganggap bahwa Web sama dengan Internet, namun sebenarnya tidaklah sama meskipun sebagian besar dari internet merupakan kumpulan web. Istilah Internet sebenarnya merujuk pada jaringan global. Web hanyalah salah satu cara berbagi informasi melalui Internet, termasuk email, pesan instan dan File Transfer Protocol (FTP) yang menggunakan format bahasa yang disebut Hypertext Markup Language (HTML).

Sedangkan pengertian hosting secara umum adalah layanan tempat penyimpanan dan sumber daya komputasi. Sebagai layanan yang sangat penting, hosting telah memfasilitasi pengembangan dan pertumbuhan Internet. Hosting umumnya disediakan oleh penyedia layanan hosting yang membangun infrastruktur komputasi backend khusus untuk individu atau organisasi dalam mengakomodasi dan pemeliharaan situs web dan layanan terkait. Meskipun hosting tidak perlu berbasis IP, sebagian besar instance adalah layanan berbasis web yang memungkinkan layanan web dapat diakses secara global dari Internet. Hosting juga dikenal sebagai web hosting atau hosting situs web.

Berdasarkan pengertian masing-masing kata di atas, dapat disimpulkan bahwa pengertian web hosting adalah organisasi atau perusahaan yang menyediakan jasa layanan server untuk menyimpan data secara online maupun untuk mempublikasikan situs web di Internet. Web hosting juga dapat menyediakan ruang pusat data dan koneksi Internet untuk server yang dimiliki oleh orang lain. Di Prancis dan negara-negara Amerika Latin, web hosting disebut juga sebagai colocation atau housing.


Jenis Layanan Web Hosting


Ada berbagai jenis layanan web hosting yang tersedia untuk meng-host situs web. Sebelum mendaftar untuk layanan web hosting, penting untuk memahami apa jenis layanan yang dibutuhkan untuk situs web yang akan dibuat, apakah web pribadi, Web Hosting Untuk Bisnis Online, organisasi, yang tentunya berkaitan dengan jenis server yang akan dibutuhkan nantinya. Juga perlu diperhatikan anggaran untuk sewa layanan web hosting, dan tentu saja jenis layanan apa saja yang ditawarkan oleh web host. 

paket web hosting hostinger
Contoh Paket Web Hosting Hostinger


Pilihan hosting yang tersedia umumnya adalah:

1. Website Builders (Pembuat Situs Web)

Layanan Website Builders adalah jenis layanan hosting untuk melayani pemula yang perlu meng-host situs web, tetapi tidak memiliki keterampilan dan pengetahuan teknis untuk membangunnya. Layanan ini biasanya memberi antarmuka yang mudah dipahami dan berbasis browser online untuk membuat situs dan juga menghosting situs web tanpa penyiapan tambahan apa pun. 

2. Shared Hosting (Hosting Berbagi Pakai)

Layanan Shared Hosting atau lingkungan hosting bersama, pemilik situs akan berbagi satu server dengan pemilik situs lainnya. Ini termasuk berbagi server fisik dan aplikasi perangkat lunak dalam server. Layanan shared hosting terjangkau karena biaya untuk mengoperasikan server dibagi antara pemilik di lingkungan ini. Namun demikian, ada sejumlah kelemahan, seperti situs menjadi lebih lambat. 

3. Privat Hosting atau Virtual Private Server (VPS)

Virtual private server (VPS) adalah server khusus / pribadi yang menyediakan fungsionalitas dan privasi yang sama seperti fisik komputer normal yang dapat menjalankan sistem operasi sesuai kebutuhan penggunanya. Virtual private server (VPS) dikenal juga dengan nama virtual dedicated server (VDS). VPS merupakan perpaduan antara Shared hosting dan dedicated hosting, karena server berdedikasi virtual dapat memiliki salinan dari sistem operasi dan menyediakan hak akses dalam sistem operasi.

4. Dedicated Hosting (Hosting Khusus)

Layanan dedicated hosting atau dedicated server ini pengguna memiliki seluruh server web untuk diri sendiri. Ini memungkinkan untuk kinerja yang lebih cepat, karena memiliki semua sumber daya server sepenuhnya, tanpa berbagi dengan pemilik situs web lain. Namun, ini juga berarti bahwa pengguna akan bertanggung jawab atas biaya operasi server sepenuhnya. Ini adalah pilihan yang baik untuk situs web yang membutuhkan banyak sumber daya sistem, atau memerlukan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

5. Collocated Hosting (Hosting Bertingkat)

Dalam jenis hosting ini, pengguna akan membeli server sendiri dan memilikinya ditempatkan di fasilitas web host. Pengguna akan bertanggung jawab untuk server itu sendiri. Keuntungan dari layanan hosting jenis ini adalah memiliki kendali penuh atas server web. Pengguna dapat menginstal skrip atau aplikasi apa pun yang dibutuhkan.

Semoga pengertian web hosting dan jenis layanan hosting di atas dapat menambah wawasan dan manfaat, terutama bagi yang akan mengelola blog atau situs web.


Pengertian web hosting dan jenis layanan hosting

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...