Minggu, 23 September 2018

Pengertian Seni Digital

Seni digital adalah karya yang dibuat dengan teknologi digital atau disajikan dalam teknologi digital. Termasuk gambar yang sepenuhnya hasil dari editing komputer atau gambar yang dibuat menggunakan program perangkat lunak (software) seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, dan lain sebagainya. Seni digital juga termasuk membuat animasi, renderings 3D, manipulasi gambar video serta proyek yang menggabungkan beberapa teknologi.

Meskipun saat ini, masih ada seniman menggunakan bahan seperti cat dan kuas untuk menciptakan karya seni lukisan, namun ada juga orang menggunakan cara modern untuk mengeksplorasi kreativitas seninya menggunakan teknologi kamera dan komputer. Pengertian seni yang menggunakan teknologi ini disebut seni digital (digital arts).


Seni Digital


Pernahkah kamu membuat gambar atau film dengan menggunakan komputer? Jika demikian, kamu telah membuat sebuah seni digital.

Awal Perkembangan Seni Digital


Istilah 'seni digital' pertama kali digunakan pada sekitar tahun 1980-an berkaitan dengan menggambar menggunakan komputer yang kemudian berkembang menjadi sebuah aplikasi. Cara menggambar lewat komputer merupakan metode pembuatan karya seni yang cocok untuk format multimedia karena dapat dilihat dengan berbagai cara, termasuk di TV, film dan tentu saja di komputer. Penggabungan antara seni dan teknologi ini akhirnya muncul istilah seni digital yang memungkinkan banyak cara baru untuk membuat karya seni.

Perkembangan seni digital tidak terlepas dari Electronic Numerical Integrator and Computer atau ENIAC yang merupakan komputer pertama, diciptakan untuk keperluan militer pada tahun 1940-an. Namun, seniman pertama mulai mengeksplorasi seni dengan komputer dan teknologi di akhir 1950-an dan awal 1960-an.

Pada akhir 1960-an, beberapa museum mengadakan pameran mengeksplorasi seni menggunakan komputer. Dalam waktu yang sama, beberapa seniman mulai mengeksplorasi teknologi digital dalam seni multimedia, menggunakan komputer, televisi, video, dan hal-hal lain.

Percobaan awal karya seni dengan komputer muncul sekitar tahun 1965. Artis Jerman Frieder Nake yang kebetulan juga seorang matematikawan, membuat algoritme komputer yang memungkinkan mesin komputer menggambar serangkaian bentuk untuk membuat karya seni. Algoritma dibuat untuk melakukan instruksi yang memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan. Hasil gambar yang dihasilkan komputer tersebut merupakan beberapa contoh paling awal dari seni yang dilakukan pada komputer.

Salah satu karya seni pertama yang benar-benar merupakan digital arts, diciptakan pada tahun 1967 oleh orang Amerika, Kenneth Knowlton dan Leon Harmon. Keduanya bekerja sebagai insinyur di Bell Laboratories, sebuah perusahaan penelitian ilmiah Amerika yang bertanggung jawab untuk mengembangkan berbagai teknologi revolusioner termasuk laser.

Mereka mengambil foto seorang wanita tanpa busana dan mengubahnya menjadi gambar yang terdiri dari pixel-pixel komputer, berjudul Computer Nude (Studies in Perception I) . Pixel adalah salah satu elemen kecil dari suatu gambar; ketika banyak piksel digabungkan, akan dapat membuat gambar yang lebih besar dan lengkap.



Pengertian Seni Digital dan perkembangannya.

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...