Pengertian Seni Secara Umum

Seni Secara Umum

Pengertian Seni adalah beragam kegiatan dalam mengekspresikan ide imajinatif kreatif dan keterampilan manusia, yang bertujuan untuk dihargai karena keindahan atau kekuatan emosionalnya, biasanya berbentuk visual atau pertunjukan.

Pengertian Seni Secara Umum

Seni merupakan sesuatu yang menstimulasi pikiran, emosi, keyakinan, atau gagasan individu melalui indra. Karya seni dapat secara eksplisit dibuat untuk tujuan tertentu atau ditafsirkan berdasarkan gambar atau benda yang dihasilkan oleh keterampilan dan imajinasi kreatif manusia.

Meskipun definisi seni banyak diperdebatkan dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu, namun deskripsi secara umum tentang seni menyebutkan ide keterampilan imajinatif atau teknis yang berasal dari manusia dan penciptaan.

Pengertian seni secara umum dapat merujuk pada beberapa hal:

  • studi tentang keterampilan kreatif,
  • suatu proses menggunakan keterampilan kreatif,
  • suatu produk keterampilan kreatif,
  • pengalaman audien dengan keterampilan kreatif.

Seni Sebagai Disiplin Ilmu

Seni sebagai disiplin ilmu (seni kreatif) adalah kumpulan disiplin ilmu yang menghasilkan karya seni (seni sebagai objek) yang didorong oleh dorongan pribadi (seni sebagai aktivitas) dan menyampaikan pesan, suasana hati, atau simbolisme untuk penafsiran (seni sebagai pengalaman).

Sebagai ilmu, kita menyebut seni sebagai seperangkat disiplin atau produksi manusia untuk tujuan estetika dan simbolis dari seperangkat kriteria, aturan, dan teknik tertentu .

Secara etimologis, kata seni berasal dari bahasa Latin ars  dan bahasa Yunani (téchne ) , yang berarti “teknik”. Oleh karena itu, pada zaman kuno digunakan juga untuk merujuk pada perdagangan seperti pandai besi, selain disiplin ilmu seperti puisi, lukisan atau musik.

Seni berusaha untuk mewakili, melalui cara yang berbeda, alam semesta perhatian manusia, baik nyata atau imajiner, melalui penggunaan simbol atau alegori.

Seni ekspresi juga digunakan untuk merujuk pada semua proses manual yang memerlukan penerapan aturan atau teknik tertentu, yang ditujukan untuk kenikmatan indra. Misalnya seni kuliner .

Seni juga merupakan kata yang digunakan untuk menunjukkan kemampuan atau kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan keunggulan dan keterampilan. Misalnya seni perang atau seni politik .

Ini juga digunakan untuk merujuk pada sesuatu yang harus dilakukan dengan baik atau sesuatu yang harus dipelajari atau dilakukan dengan perhatian dan perhatian: “Berolahraga dengan baik memiliki seninya”. “Mencintai adalah seni.”

Sifat seni dan konsep terkait, seperti kreativitas dan interpretasi, di eksplorasi dalam cabang filsafat yang dikenal sebagai estetika.

Bentuk kegiatan seni yang paling umum adalah produksi karya seni (musik, teater, film, tari, puisi, dan lainnya), kritik seni, studi tentang sejarah seni, dan penyebaran estetika seni.

Dalam perkembangan seni, sebelum abad ke-17, seni mengacu pada keterampilan atau penguasaan apa pun dan tidak dibedakan antara keterampilan dengan ilmu.

Seni untuk seni yaitu digunakan untuk menyampaikan gagasan bahwa tujuan utama atau satu-satunya karya seni adalah ekspresi diri dari seniman individual yang menciptakannya.

Namun setelah abad ke-17, di mana pertimbangan estetika adalah yang terpenting, seni dipisahkan dan dibedakan dari keterampilan yang diperoleh secara umum, seperti seni dekoratif atau seni terapan.

Sejarah seni

Sejarah seni adalah disiplin ilmu yang mempelajari seni dan evolusinya dari waktu ke waktu. Biasanya, ini mengacu pada seni plastik dan visual.

Untuk memudahkan pemahamannya, sejarah seni rupa mengklasifikasikan manifestasi seni yang berbeda dalam periode (prasejarah, kuno, klasik, abad pertengahan, modern, dll), dalam gaya (Gothic, neoklasikisme, barok, dll), atau dalam gerakan atau aliran artistik (ekspresionisme, kubisme, pop, konseptual, dll).

Demikian pula, ia bertugas menentukan dan mensistematisasikan ciri-ciri khas seorang pengarang, karya, gerakan, atau periode, untuk menonjolkan nilainya dalam konteks sejarah.

Karya seni

Karya seni adalah nama yang diberikan untuk setiap karya seni yang merupakan hasil kreativitas manusia. Karya seni selalu merupakan konkrit dari ide seorang seniman, yang menurut nilai-nilai sosial atau pribadi, dapat menandatangani karya tersebut atau tidak.

Baca Kanal Pengetahuan Seni Rupa Tradisional, Modern dan Kontemporer

Seni Menurut Ruang dan Waktu

  • Seni ruang: mengacu pada semua yang memiliki materialitas konkret, yaitu yang berwujud material. Termasuk arsitektur, lukisan, patung, ukiran, litografi, menggambar, fotografi, dll.
  • Seni temporer: adalah seni immaterial yang diwujudkan dalam waktu. Ini pada dasarnya melibatkan musik dan sastra dalam semua manifestasinya.
  • Seni ruang-waktu : adalah seni fenomenal atau performatif, yang menggabungkan spasialitas dan temporalitas. Dalam kategori ini kita dapat menemukan teater, tari, bioskop, seni video, dan klip video.

 

Pengertian Seni – Kanal Pengetahuan

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *