Kamis, 15 Februari 2018

Pengertian Estetik dan Estetika

Pengertian Estetik (Aesthetic) adalah kualitas rupa suatu obyek yang membuat obyek ini disebut cantik. Pengertian ini mengikuti batasan istilah aesthetic‘ dalam bahasa Inggris. Bila diterjemahkan bebas pengertian aesthetic dalam bahasa Inggris ini bisa diartikan. 'hiasan' dan dalam bentuk jamak aesthetics adalah ‘ragam hias'.

Ada kejanggalan pada istilah aesthetic dalam bahasa Inggris. Aesthetic adalah kata sifat (adjective). Namun sejarah pemaknaan istilah ini membuat istilah ini tampil sebagai kata benda. Karena itu bila digunakan tanpa penjelasan istilah 'estetik‘ ini akan membingungkan pembaca yang tidak memahami sejarah pemaknaan istilah ini.

Untuk menghindari kebingungan ini istilah ‘estetik' ditampilkan dalam bentuk 'gejala estetik' agar pengertiannya terasa lebih masuk akal (ada sesuatu yang bersifat estetik). Namun penambahan kata 'gejala' ini mempunyai pokok persoalan yang bisa diperdebatkan. Satu sisi pendapat melihat gejala estetik (baca: ragam hias) hanya dekorasi yang tidak bermakna, sementara sisi pendapat lainnya melihat gejala estetik membawa makna-makna. 


Estetik dan Estetika

Pengertian Estetika


Pengertian Estetika (Aesthetica) adalah filsafat keindahan. Istilah 'estetika' (aesthetica} berasal dari kata dalam bahasa Yunani kuno 'aesthesis' yang berarti persepsi. Pada filsafat keindahan ini persoalan gejala estetik pertama kali dimunculkan. 

Memandang estetika sebagai suatu filsafat, hakikatnya telah menempatkannya pada satu titik dikotomis antara realitas dan abstraksi, serta juga antara keindahan dan makna. Estetika tidak lagi menyimak keindahan dalam pengertian konvensional, melainkan telah bergeser ke arah sebuah wacana dan fenomena.

Pemikiran ini membandingkan pengalaman merasakan keindahan yang didapat dari gejala material (inilah gejala estetik) dengan pengalaman keindahan yang didapat dari gejala immaterial (ide, imajinasi, inspirasi, pikiran). 

Namun ketika istilah ‘aesthetic’ muncul dalam bahasa Inggris antara abad ke-18 dan abad ke-19 persoalan di balik istilah 'estetik' ini bergeser bukan lagi persoalan pengalaman merasakan keindahan. Karena itu pada masa kini istilah 'aesthetic' (yang sangat mirip dengan istilah aesthetica) tidak bisa langsung dianggap sebagai persoalan estetika. Harus ditanyakan dulu apakah berkaitan dengan estetika.


Pengertian Estetik dan Estetika - Kanal Info

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...