Minggu, 10 Desember 2017

Pengertian Statistik Dan Statistika

Pada dasarnya antara statistik dan statistika itu sama yaitu berkaitan dengan permasalahan data, namun yang membedakan adalah pengertian dasar statistik dan statistika.


Pengertian statistik (statistic) adalah kumpulan keterangan yang disusun atau disajikan dalam daftar atau gambar yang melukiskan atau menggambarkan sesuatu. Bagian dari statistik yang sederhana berupa grafik atau diagram yang dapat dipakai sebagai bahan analisis dengan membandingkan pola berbagai kegiatan pengolahan, pelaporan dan lain sebagainya. Untuk kepentingan pelaporan, grafik-grafik mewakili bentuk presentasi yang dapat jauh lebih mudah untuk dipahami/diterima oleh pemangku kepentingan.

Pengertian statistika (statisticsadalah metode atau ilmu yang mempelajari bagaimana teknik merencanakan, mengumpulkan, menganalisis dan mempresentasikan data untuk membuat keputusan secara rasional. Berdasarkan kumpulan data tersebut, maka statistika dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data dan dapat pula digunakan dalam keperluan kegiatan sampling.

Pengertian Statistik Dan Statistika

Perbedaan Statistik Dan Statistika


Berdasarkan pengertian Statistik dan Statistika di atas, perbedaan mendasar keduanya adalah statistik (statistic) merupakan kumpulan data (berupa grafik atau gambar) sedangkan statistika (statistics)  merupakan ilmu yang berhubungan dengan teknik data (perencanaan, pengumpulan, analisis, interpretasi dan presentasi data). Ruang lingkup statistika lebih luas dibandingkan dengan statistik, namun statistik lebih dikenal karena telah berupa data.

Selain itu, statistika merupakan prosedur-prosedur yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan, pengolahan, analisis dan penyajian data serta menarik suatu kesimpulan berdasarkan analisis yang dilakukan. Oleh karena itu timbul berbagai sebutan statistik, misalnya : 
  • Statistik produksi. Data yang tersaji menggambarkan banyaknya produksi dari berbagai jenis barang yang dihasilkan 
  • Statistik ekspor impor. Data yang tersaji menggambarkan banyaknya ekspor dan impor yang dilakukan
  • Statistik penerimaan dan pengeluaran uang . Data yang tersaji menggambarkan banyaknya penerimaan dan pengeluaran uang dari suatu perusahaan
  • Statistik perdagangan. Data yang tersaji memberikan informasi tentang jenis dan volume perdagangan yang dijalankan


Pengertian, Perbedaan Statistik Dan Statistika 

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...