Jumat, 17 November 2017

Pengertian Editorial (Tajuk Rencana)

Pengertian editorial adalah artikel singkat yang ditulis oleh redaksi atau pimpinan surat kabar, majalah dan lain sebagainya, yang mengekspresikan pandangan dan kebijakan penerbit mengenai isu yang aktual dan berkembang di masyarakat. Kata editorial sering kali disebut juga tajuk rencana, meskipun ada juga yang menyebut kolom (editorial column). 


Pengertian Editorial (Tajuk Rencana)

Teks editorial (editorial text) atau tajuk rencana harus ditulis oleh pemimpin redaksi surat kabar atau penerbit sendiri. Jika ditulis oleh orang luar, biasanya akan menimbulkan persepsi bahwa artikel tersebut tidak mencerminkan pandangan resmi penerbit. 

Editorial atau tajuk rencana awalnya berarti "artikel surat kabar oleh editor, baik itu berupa tulisan maupun gambar (karikatur)" sesuai dengan pengertian istilah Editorially yang digunakan pada tahun 1802. Dalam perkembangannya, editorial juga dimuat atau ditampilkan di televisi, website dan lain sebagainya.

Penulisan Editorial


Penulisan editorial (editorial writing) atau tajuk rencana memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Berisi opini redaktur tentang permasalahan. Kalimat opini dalam tajuk rencana dapat ditemukan dengan cara mengidentiļ¬kasi kata-kata yang bersifat subjektif, seperti mengandung kata pengandaian, ramalan, dan pertimbangan.
  2. Masalah yang dibahas merupakan masalah yang aktual dan berskala nasional.
  3. Dalam editorial, tajuk rencana atau kolom, redaktur surat kabar menunjukkan sikapnya terhadap permasalahan yang sedang berkembang sehingga secara tersirat akan memunculkan keberpihakan redaktur terhadap pihak tertentu. Pihak yang didukung atau ditentang oleh editor dapat berasal dari rakyat, pemerintah, perusahaan, golongan, organisasi, atau tokoh.

Contoh Editorial


Apakah janji semasa pemilihan presiden hanya berfungsi sebagai penarik simpati? Ataukah janji itu merupakan cita-cita yang muncul dari lubuk hati? Bagaimana kita harus menempatkan janji pemimpin? Yang bijak tentu menilai kinerja pemimpin secara adil.

Waktu setahun belum cukup menampilkan hasil yang nyata, lebih-lebih satu prestasi. Apalagi kalau mengingat kondisi yang diwarisi sangat parah. Profesionalisme jelas membuat tugas dapat dengan mudah terlaksana. Pemerintah kita rupanya tidak cukup terampil untuk mengikuti kiprah kemajuan yang diperlihatkan China dan Negara-negara Asia lain yang sudah lebih maju.

Opini editor untuk tajuk di atas adalah "Janji-janji pada waktu pemilihan hanya hanya merupakan penarik simpati masyarakat".



Pengertian Editorial (Tajuk Rencana) - Kanal Info

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...