Jumat, 03 November 2017

Pengertian Demokrasi Demokratis dan Demokratisasi

Pengertian demokrasi dalam tinjauan bahasa berasal dari dua kata bahasa Yunani yaitu "demos" yang berarti rakyat atau penduduk suatu wilayah/negara dan "cratein" atau "cratos" yang memiliki arti kekuasaan atau pemerintahan.

Demokrasi Demokratis Demokratisasi

Dengan demikian pengertian demokrasi (demos cratein atau demos cratos) adalah suatu negara dengan sistem pemerintahan yang kedaulatannya berada di tangan rakyat. Artinya, kekuasaan tertinggi berada di hasil keputusan rakyat melalui wakil-wakilnya.

Dalam perkembangan politik dan ilmu politik, demokrasi memiliki pengertian lain sebagai turunan dari pengertian awal demokrasi. Salah satunya adalah demokrasi merupakan paham atau pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama kepada setiap warga negara tanpa terkecuali.  

Pengertian demokratis adalah  yang bersifat demokrasi. Misalkan negara demokratis adalah negara yang menerapkan demokrasi dimana negara mengutamakan persamaan hak, kewajiban, dan perlakuan sama bagi semua warga negara. 

Dengan demikian, demokrasi merupakan bentuk atau sistem pemerintahan, sedangkan demokratis merupakan sifat dari bentuk atau sistem pemerintahan (negara). Misalkan negara demokratis bukan negara feodalistis (monarki). Sedangkan orang atau kelompok (organisasi) penganut paham demokrasi disebut demokrat.

Pengertian Demokratisasi


Saat ini banyak negara yang telah menganut maupun sedang menuju paham demokrasi karena dianggap ideal sebagai sistem pemerintahan. Proses menuju paham demokrasi ini disebut sebagai demokratisasi. 

Pengertian demokratisasi adalah proses usaha, perbuatan atau cara untuk menjadi demokrasi atau dengan kata lain pendemokrasian.

Upaya menuju demokratisasi untuk mengembalikan hak-hak rakyat dari pemerintahan otoriter ke pemerintahan demokrasi ideal bukan hal yang mudah. Pemerintahan otoriter atau semi otoriter membatasi hak rakyat dalam berpartisipasi di kegiatan politik, kebudayaan, ekonomi dan lain sebagainya. 

Namun demokratisasi umumnya diawali dengan adanya liberalisasi (kebebasan) rakyat dalam kegiatan organisasi, kebebasan mengeluarkan pendapat serta mulai berkembang terhadap pluralisme (keragaman). Walaupun demikian, nilai-nilai demokrasi belum diterapkan secara utuh karena masih ada pembatasan atas sebagian hak rakyat. Oleh karena itu dukungan seluruh rakyat terhadap demokratisasi akan sangat menentukan keberhasilan proses tersebut.

Bagaimana dengan demokrasi Indonesia ?



Pengertian Demokrasi Demokratis dan Demokratisasi  - Kanal Info

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...