Rabu, 04 Oktober 2017

Pengertian Stiker dan Jenisnya

Pengertian stiker adalah sejenis label yang dicetak pada sepotong kertas, plastik atau bahan lainnya dengan perekat di salah satu sisinya. Sedangkan yang dimaksud dengan label di sini adalah penjelasan tentang nama, identitas, informasi dan sebagainya. Stiker umumnya digunakan untuk identitas, hiasan atau untuk tujuan lainnya.


Pengertian Stiker dan Jenisnya


Bentuk dan ukuran stiker bisa berbagai macam termasuk warna dan desainnya sesuai dengan tujuan fungsional sehingga umumnya dibuat berdasarkan pesanan mulai dari ukuran yang kecil hingga besar.

Stiker sering dilekatkan pada barang seperti kotak tempat menaruh barang, buku tulis, dinding, mobil, motor, jendela, pintu dan sebagainya. Selain itu stiker juga ditempelkan pada kemasan produk perusahaan sebagai lebel yang berfungsi untuk merek dagang, keterangan singkat produk tersebut.

Dalam situasi tertentu, stiker digunakan dalam bagian promosi, kampanye politik, maupun identitas kelompok atau organisasi tertentu. Misalkan Stiker yang ditempatkan pada kaca mobil oleh seseorang sebagai cara untuk menunjukkan identitas diri pemilik mobil, promosi destinasi wisata, dukungan terhadap partai politik, promosi produk perusahaan, dan lain sebagainya. Bahkan beberapa orang menjadikan stiker sebagai koleksi dengan mengumpulkan dan menukar stiker dengan kolektor lainnya.

Jenis-jenis Stiker


Saat ini di pasaran tersedia bermacam jenis bahan untuk membuat stiker yang bisa menjadi kualitas dari stiker tersebut. Umumnya jenis-jenis stiker adalah:

Stiker Paper (Kertas)

Stiker Paper adalah stiker yang terbuat dari bahan kertas yang mudah rusak dan sobek serta tidak tahan air. Umumnya digunakan untuk label produk, label informasi, mainan anak-anak, indentitas sementara, dll.

Jenis stiker ini:
  • Stiker HVS yang terbuat dari kertas VHS 
  • Stiker Cromo yang terbuat dari kertas sedikit glossy.

Stiker Vinyl (Plastik)


Bahan dari Stiker vinyl ini terbuat dari plastik sehingga tidak mudah rusak atau robek dan tahan terhadap air. Umumnya ditempel di berbagai media datar seperti kaca dan digunakan sebagai label produk, branding iklan, promosi, dekorasi, dll.

Jenis stiker ini:
  • Sticker transparan yang terbuat dari plastik bening atau transparan.
  • Stiker Metalize berbahan sejenis plastik dan berwarna dasar silver metalik.

Stiker Perforasi (One Way Vision)

Sticker perforasi disebut juga stiker One Way Vision karena hanya dapat dilihat dari satu sisi saja, sedangkan sisi lainnya transparan. Desain stiker ini berbentuk gambar tidak utuh melainkan berupa titik-titik atau berlubang-lubang. Dengan demikian gambar tampak utuh jika dilihat dari jarak jauh sedangkan jika dilihat dari dekat akan tampak seperti berlubang-lubang.

Selain itu Stiker ini hanya dapat melihat gambar dari luar, sedangkan yang di dalam tidak dapat melihatnya. Umumnya stiker ini ditempatkan dan direkatkan pada media kaca seperti kaca pintu etalase, jendela kaca pada kantor-kantor /gedung, outlet atau kaca mobil.


Stiker dan Jenis-jenis Stiker - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...