Minggu, 24 September 2017

Pengertian Tips Dalam Bahasa Indonesia

Pengertian tips adalah saran-saran yang praktis, sederhana dengan menggunakan kalimat yang mudah dipahami oleh siapa saja yang membacanya sebagai petunjuk singkat agar orang lain berhasil melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang diharapkan. Tips umumnya diberikan berdasarkan pengetahuan atau pengalaman dari seseorang atau ahli.

Pengertian Tips

Pengertian Tip

Penggunaan istilah tips dalam bahasa Indonesia sudah benar meskipun masih termasuk istilah asing karena di dalam bahasa Indonesia tidak (belum) dikenal istilah tips. Yang ada adalah kata "tip" yang diserap dari bahasa Inggris "tip". Bentuk jamak tip adalah tips.

Tip dalam bahasa Indonesia. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tip memiliki arti:
  1. (kata benda): persen atau hadiah kecil (biasanya diberikan kepada pelayan restoran, pengangkat koper di bandar udara, pelayan hotel, dan sebagainya);
  2. (kata kerja): menyentuh dengan jari tangan, (menyentuh bola dengan jari tangan (mengetip) agar tidak masuk gol)
Sedangkan arti tip dalam bahasa Inggris memiliki bermacam-macam arti. Menurut oxford dictionaries, pengertian tip (kata benda):
  1. Ujung yang runcing atau bulat dari sesuatu yang ramping (kecil dan panjang).
  2. Limbah, sampah, tempat yang kotor atau berantakan
  3. Sejumlah uang yang diberikan kepada seseorang sebagai hadiah untuk sebuah layanan.
  4. Saran praktis, kecil tapi berguna.
  5. Informasi rahasia
Selain itu, menurut kamus slang bahasa Inggris, arti tips adalah untuk meningkatkan layanan profesional atau untuk memastikan pelayanan yang tepat.

Dari pengertian tip (jamak tips) dalam bahasa Inggris terdapat definisi saran yang berguna dan informasi rahasia, meskipun belum dibakukan sebagai bahasa Indonesia, penggunaan kata tips dapat dipakai sebagai judul atau topik suatu permasalahan. 

Bisa saja suatu saat tips diserap menjadi kosakata bahasa Indonesia karena sering digunakan dalam pembahasan oleh sebagian besar lapisan masyarakat.


Pengertian Tips - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...