Senin, 04 September 2017

Pengertian Tenaga Kesehatan dan Jenisnya

Tenaga kesehatan atau Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan merupakan istilah yang tidak asing lagi kita dengar atau kita lihat di lingkungan sehari-hari. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan terlepas dari individu yang termasuk dalam SDM kesehatan itu sendiri.

Pada lingkup lingkungan kita saja, pastinya kita mendengar adanya dokter, perawat, atau bidan yang ada di sekitar kita. Merekalah individu-individu yang termasuk dalam SDM atau tenaga kesehatan meskipun sebenarnya tidak terbatas hanya pada ketiga profesi tersebut. 


Pengertian Tenaga Kesehatan dan Jenisnya

Pengertian Tenaga Kesehatan


Pengertian tenaga kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam kesehatan, serta memiliki pengetahuan dan atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.

Menurut World Health Organization (WHO), pengertian Sumber Daya Manusia (SDM) kesehatan adalah semua orang yang kegiatan pokoknya ditujukan untuk meningkatkan kesehatan. Mereka terdiri atas orang-orang yang memberikan pelayanan kesehatan seperti dokter, perawat, apoteker, teknisi laboratorium, manajemen, serta tenaga pendukung seperti bagian, administrasi, keuangan, sopir, dan lain sebagainya.

Secara kasar, WHO memperkirakan dua pertiga SDM kesehatan di dunia adalah orang-orang yang memberikan pelayanan kesehatan dan sepertiganya adalah tenaga pendukung dan manajemen kesehatan.

Sedangkan pengertian SDM kesehatan menurut Sistem Kesehatan Nasional (SKN) 2009 adalah tenaga kesehatan profesi termasuk tenaga kesehatan strategis, dan tenaga kesehatan nonprofesi, serta tenaga pendukung/ penunjang kesehatan, yang terlibat dan bekerja serta mengabdikan dirinya dalam upaya dan manajemen kesehatan.

Tenaga kesehatan strategis di sini merupakan tenaga kesehatan yang mempunyai peran yang besar bagi pelayanan kesehatan. Unsur-unsur dalam SDM kesehatan meliputi SDM kesehatan itu sendiri, sumber daya pengembangan dan pemberdayaan SDM kesehatan, serta penyelenggaraan pengembangan dan pemberdayaan SDM.


Jenis Tenaga Kesehatan dan Organisasi Profesi


Sejarah panjang dalam perkembangan SDM kesehatan telah memberikan warna tersendiri bagi kemandirian suatu profesi. Tidak dapat dipungkiri, profesi tertua dibidang kesehatan adalah kedokteran yang diikuti dengan hadirnya profesi kesehatan lainnya seperti perawat, bidan, dan jenis tenaga kesehatan yang lain.

Beberapa macam jenis tenaga kesehatan dan profesinya, antara lain:
  • Tenaga medis (dokter dan dokter gigi), 
  • Tenaga keperawatan (perawat dan bidan), 
  • Tenaga kefarmasian (apoteker, analis farmasi, dan asisten apoteker), 
  • Tenaga kesehatan masyarakat (epidemiolog kesehatan, entomolog kesehatan, mikrobiolog kesehatan, penyuluh kesehatan, administrator kesehatan, dan sanitarian),
  • Tenaga gizi (nutrisionis dan dietisien), 
  • Tenaga keterapian fisik (fisioterapis, okupasiterapis, dan terapis wicara)
  • Tenaga keteknisian medis (radiografer, radioterapis, teknisi gigi, teknisi elektromedis, analis kesehatan, refraksionis optisien, otorik prostetik, teknisi transfusi, dan perekam medis). 
SDM kesehatan dapat dikatakan merupakan “jantung” dari Sistem Kesehatan Nasional (SKN). Namun, tanpa adanya tenaga yang menjadi penggerak dan melayani, maka pilar-pilar yang lain dalam SKN menjadi tidak berjalan, begitu juga sebaliknya.


Pengertian Tenaga Kesehatan - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...