Pengertian Seni Kriya

Pengertian seni kriya adalah hasil karya seni yang dihasilkan dari ketrampilan tangan manusia dengan memperhatikan aspek fungsional dan nilai estetika. Seni kriya identik dengan seni kerajinan tangan karena dalam pembuatan karya seni tidak lepas dari pengerjaan tangan (hand made).

Seni Kriya

Istilah kriya diambil dari kata dasar bahasa sanskerta “krya‟ yang berarti mengerjakan. Dari kata tersebut kemudian berkembang menjadi kata : karya, kriya, kerja. Dalam kamus bahasa Indonesia, “kriya‟ berarti pekerjaan (kerajinan tangan).

Sedangkan dalam bahasa Inggris, “kriya‟ disebut craft yang memiliki arti: energi atau kekuatan, atau pengertian lain adalah suatu ketrampilan mengerjakan atau membuat sesuatu yang dikaitkan dengan craftsworker (pengrajin).

 

Contoh Seni Kriya

Seni kriya merupakan seni yang sudah ada sejak pra sejarah dengan ditemukannya pahatan atau ukiran pada batu, dinding gua di zaman batu. Seni kriya awalnya merupakan bentuk seni rupa murni seperti cara memahat atau mengukir.

Namun dalam perkembangannya seni kriya dapat diartikan sebuah karya dari beragam macam bahan yang berasal dari alam yang dibentuk secara estetika baik itu secara individu maupun kelompok yang disesuaikan dengan kebutuhan fungsionalnya.

Di Indonesia seni kriya sudah dikenal sejak dahulu dan lebih dikenal dengan sebutan seni kriya Nusantara.

Beberapa contoh seni kriya yang ada:

  • Seni kriya tekstil. Misalkan kerajinan batik, bordir, tenun.
  • Seni kriya anyaman. Misalkan kerajinan tas, tikar, hiasan, dll.
  • Seni kriya lukis. Misalkan lukisan kanvas. kaca, kulit, dll
  • Seni kriya kulit. Misalkan kerajinan tas, sepatu, dompet, dll.
  • Seni kriya ukiran. Misalkan membuat topeng kayu, ukiran mebel, dll.
  • Seni kriya logam. Misalkan membuat keris/senjata, gamelan, dll.
  • Seni kriya keramik. Misalkan membuat genteng, guci, gerabah, dll

Seorang seniman kriya (pengrajin) bukan hanya mengikuti tradisi yang telah ada, namun juga dengan ketrampilannya harus mampu membuat (mengubah) benda sekitarnya menjadi sesuatu yang dibutuhkan baik itu untuk keperluan sendiri maupun kebutuhan pasar.

 

Pengertian Seni Kriya – Kanal Informasi

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *