Sekilas tentang Musik Dangdut

Musik Dangdut adalah salah satu dari jenis seni musik yang ada di Indonesia yang berakar dari irama musik Melayu yang sangat kental dengan unsur aliran musik India serta gabungan irama musik dari Arab.

Musik Dangdut

Dalam perkembangannya, musik dangdut dipengaruhi bentuk musik lain, mulai dari pop, rock, keroncong, musik daerah bahkan house music.

Istilah penggunaan kata dangdut merupakan kata yang menirukan bunyi-bunyi dari sumber yang digambarkannya (onomatope) yaitu tabla. Bunyi alat musik tabla yang khas dan didominasi oleh bunyi “dang” dan “ndut”.

Sejarah Musik Dangdut

Sejarah musik dangdut diperkirakan berakar awal dasar dari Qasidah yang datang bersama saat agama Islam masuk ke Nusantara (termasuk Melayu) sekitar tahun 635 – 1600 serta masuknya musik Gambus yang dibawa oleh imigran orang Arab pada tahun 1870 – 1888.

Perkembangan sejarah musik dangdut (Melayu) terus berkembang seiring perubahan politik Indonesia yang membuka masuknya musik barat yang kuat di akhir tahun 1960-an sebutan untuk irama melayu mulai berubah menjadi sebutan musik dangdut.

Awal mula irama dangdut identik dengan seni musik kalangan kelas bawah dan merupakan cerminan dari aspirasi dari kalangan masyarakat kelas bawah yang mempunyai ciri khas keluguan dan kesederhanaan.

Sejak tahun 1970-an musik dangdut yang dipengaruhi instrumen musik perkusi yang populer di India (tabla) dan cengkok dan harmonisasi musik Arab boleh dikatakan telah matang dalam bentuk musik yang kontemporer dengan memadukan unsur musik genre lain. Jenis musik lain Pengertian Paduan Suara.

Seniman musik dangdut yang terkenal pada era sebelum tahun 70-an antara lain :

M. Mashabi, Ellya Kadam, Husein Bawafie, Johana Satar, HasnahTahar, Munif Bahaswan. Pada era menuju perubahan kontemporer seniman dangdut antara lain; A. Rafiq, Rhoma Irama, Reynold Panggabean, Ida Laila, Elvy Sukaesih, Mukhsin Alatas, Herlina Effendi, Mansyur S., Camelia Malik dan lain sebgainya.

Saat ini musik dangdut hampir telah dinikmati oleh seluruh golongan masyarakat di Indonesia dan berkembang hingga ke manca negara serta melahirkan banyak seniman musik dangdut.

 

Sekilas Sejarah dan perkembangan Musik Dangdut Indonesia – Kanal Informasi

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *