Fakta dan Mitos Tahun Kabisat

Tepat hari ini tanggal 29 Februari 2016 merupakan tanggal yang hanya muncul per empat tahun sekali yaitu ada di tahun Kabisat. Ternyata banyak fakta yang unik dan menarik telah terjadi dan beberapa mitos berkaitan dengan tahun kabisat ini.

Berikut fakta dan mitos di tahun kabisat yang dikumpulkan dari beberapa sumber oleh CNN Indonesia.

Fakta Yang terjadi berkenaan dengan tahun Kabisat

1. Bagi orang yang lahir pada tanggal 29 Februari disebut ‘leapling’ atau ‘leaper’ dan bayi yang lahir pada 29 Februari adalah 1:1461. Setidaknya, ada 5 juta leapling di seluruh dunia.

2. Di Hong Kong, ulang tahun resmi setiap tahun bagi mereka yang lahir pada tanggal 29 Februari adalah 1 Maret, sementara di New Zealand, dirayakan pada tanggal 28 Februari.

3. Kota Kabisat Dunia berada di  Anthony, Texas, Amerika Serikat. dan setiap tanggal 29 Februari digelar festival yang merayakan hari jadi para leapling.

4. Di Norwegia keluarga Karin Henriksen  memiliki tiga anak yang semuanya lahir pada tanggal 29 Februari, dengan jeda 4 tahun.

5. Tahun Kabisat merupakan tahun ‘sial’ bagi para pekerja kantoran karena, banyak kantor yang mengeluarkan gaji bulanan berdasarkan hitungan 28 hari, berarti di tanggal 29 Februari, akan bekerja secara gratis.

6. Definisi baru tentang Tahun Kabisat muncul, yaitu tahun yang habis dibagi 400 setelah tidak semua tahun berakhiran seratus adalah Tahun Kabisat. Menurut penanggalan Gregorian, tahun 2000 adalah Tahun Kabisat, begitu juga dengan tahun 1600, tapi 1700, 1800 dan 1900 bukanlah kabisat.

7. Kerajaan Inggris pada bulan September 1752 tidak mencantumkan tanggal 3-13  dalam kalender sehingga kehilangan 11 hari. Kalender melompat dari tanggal 2 langsung ke tanggal 14. Penyebabnya adalah sistem penanggalan pada waktu itu, menggunakan kalender Julian perhitungan Sosiogenes yang cacat. Padahal, sebagian besar dunia sudah mengikuti sistem penanggalan kalender Gregorian, yang ditetapkan pada tahun 1582. Akibatnya terjadi kerusuhan di masyarakat dan mengubah sistem penanggalan menggunakan kalender Gregorian mengikuti perintah Paus Gregorius XIII Roma.

8. Irlandia pada abad ke 5 terdapat tradisi unik, yaitu wanita diperbolehkan melamar kekasihnya pada  tanggal 29 Februari di tahun kabisat. St. Patrick memberi waktu satu hari di tanggal 29 Februari bagi wanita untuk melamar pujaan hati mereka setelah mendapat mosi dari St. Bridget karena merasa kaum laki-laki membutuhkan waktu terlalu lama untuk melamar kekasih mereka.

9. Ratu Margaret dari Skotlandia saat masih berusia 5 tahun, pada tahun 1288 menyebutkan bahwa 29 Februari seharusnya jadi hari kebesaran bagi wanita, dimana mereka bisa melamar siapapun yang mereka inginkan. Sementara, jika pria menolak lamaran harus membayar denda seperti yang dilakukan St. Patrick, yakni memberi ciuman dan gaun sutra.

10. Di Denmark jika pria menolak lamaran wanita pada tanggal 29 Februari, maka dia harus memberi wanita itu 12 pasang sarung tangan. Sementara di Finlandia, pria harus memberi wanita kain untuk membuat baju.

11. Keluarga pemegang kelahiran leapling terbanyak di dunia adalah keluarga Keogh dari Inggris dan Irlandia. Selama tiga generasi, keluarga tersebut selalu memiliki keturunan yang lahir pada 29 Februari. Dimulai dari sang kakek, Peter Anthony Keogh, kemudian putranya, Peter Eric dan cucunya, Bethany Wealth.

Sementara itu ada juga mitos yang berkaitan dengan tahun Kabisat.

1. Di Yunani, pasangan menolak menikah di Tahun Kabisat karena mereka percaya itu akan membawa nasib buruk. Ha; yang sama dianut oleh warga Italia. Ada peribahasa Italia yang menyebut, “Anno bisesto, anno funesto” yang berarti Tahun Kabisat, tahun sial.

2. Tahun Kabisat dipercaya membawa cuaca buruk oleh para petani Rusia bahkan menyebut tumbuhan yang ditanam pada Tahun Kabisat akan tumbuh ke arah yang salah. Sedangkan di Skotlandia juga percaya mitos Tahun Kabisat bukan tahun yang baik untuk mengembangkan ternak.

3. Para astrolog percaya bayi yang lahir di Tahun Kabisat punya bakat istimewa, kepribadian unik, bahkan punya kekuatan magis. Beberapa pesohor yang lahir di tanggal 29 Februari adalah pencipta puisi Lord Byron, rapper Ja Rule, dan atlet football Darren Ambrose.

4. Ada kepercayaan yang menyebut mereka yang lahir di tanggal 29 Februari, juga akan meninggal di tanggal yang sama. Salah satu contohnya adalah James Milne Wilson, pemimpin ke-delapan Tasmania. Dia lahir pada 29 Februari 1812 dan meninggal tanggal 29 Februari 1880.

5. Di China, terdapat mitos yang menyebut anak-anak yang lahir pada 29 Februari umumnya tidak pandai berbisnis, kehidupannya pun akan serba sulit.

6. Sementara di Taiwan, anak perempuan yang sudah menikah tidak boleh pulang ke rumah orangtuanya pada bulan Kabisat alias selama bulan Februari, karena bisa mendatangkan kesialan pada orangtua. Jika memaksa pulang ke rumah orangtua, maka dia harus membawa Bak Kut Teh, atau masakan mi tradisional untuk mengusir kesialan.

Sumber: CNNIndonesia.com

 

Fakta dan Mitos Tahun Kabisat – Kanal Informasi

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *