Pengertian Point Of Sales dalam Bisnis

Bagi orang awam, istilah Point Of Sales atau disingkat POS (PoS) mungkin kurang familier. Namun jika mendengar kata Kasir, kata tersebut sudah sering didengar bahkan mungkin sering berhubungan saat membeli sesuatu.

Point Of Sales Bisnis

Awalnya istilah Point Of Sales (POS) dalam bisnis merupakan titik akhir penjualan dimana konsumen mengakhiri transaksi dengan membayar barang/jasa yang akan dibeli. Istilah ini lebih dikenal dengan nama kasir (check-out counter).

Dengan kemajuan teknologi, agar lebih mempercepat dan mempermudah transaksi, proses POS menggunakan perangkat komputer dengan memakai aplikasi (software) POS. POS sering dipakai di bisnis retail, toko, supermarket, hotel, biro perjalanan, tempat pertunjukan, restoran, café n pub, dan sebagainya.

 

Software Point Of Sales (POS)

Saat ini, software Point Of Sales (POS), transaksi jual beli tidak lagi hanya sekedar mengkalkulasi harga yang harus dibayar konsumen, transaksi penjualan (retails).

Lebih dari itu, aplikasi POS berfungsi juga untuk menangani pengolahan data transaksi pembelian (Purchases), transaksi hutang (liabilities), transaksi pengembalian pembelian (purchase returns), dan pelaporan seluruh transaksi (reporting) dan masih banyak lagi proses data yang lainnya.

Perangkat keras (hardware) Point Of Sales juga ikut berkembang untuk mempermudah input-output data transaksi bisnis seperti All-In-One Workstation, Back Office Servers, Barcode Scanners, Check Readers (MICRs), Graphical Customer Displays, Handheld Data Collection Devices, Signature Capture Devices, dll.

Seiring kemajuan teknologi internet pula, yang dulu data-data POS disimpan di komputer lokal, saat ini memungkinkan data-data bisnis tersebut disimpan di server komputer internet yang berada di tempat lain. Istilah ini disebut Point Of Sales online atau POS Cloud.

Dengan menyewa server di internet, memungkinkan data-data tersebut dapat diakses kapan dan di mana saja selama ada koneksi internet.

Hanya saja membutuhkan software khusus semacam Software Point of Sales Online Omega POS Cloud yang bersifat native cloud-based application artinya murni berbasis Cloud dan bukan berbasis web dengan operasi sistem Microsoft Windows.

 

Kanal informasi – Pengertian Point Of Sales dalam Bisnis

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *