Pengertian Transportasi

Pengertian transportasi adalah suatu kegiatan untuk memindahkan sesuatu (orang atau barang) dari suatu tempat ke tempat lain yang terpisah secara spasial, dengan atau tanpa sarana.

Transportasi

Perpindahan tersebut dapat melalui jaringan prasarana udara, sungai, laut, maupun darat melalui moda (bentuk atau jenis) transportasi melalui jalan raya, jalan rel, pipa, maupun moda transportasi lainnya. Masing-masing moda memiliki karakteristik tertentu, saling terkait dan berinteraksi.

Transportasi merupakan komponen utama bagi berfungsinya suatu kegiatan masyarakat. Transportasi berkaitan dengan pola kehidupan masyarakat lokal serta daerah layanan atau daerah pengaruh aktivitas-aktivitas produksi dan sosial, serta barang-barang dan jasa yang dapat dikonsumsi.

Kebutuhan Transportasi

Sejak dahulu manusia sudah mengenal transportasi dengan cara sederhana, misalnya sistem transportasi barang dengan menjunjung, memikul, menggendong atau menggunakan gerobak baik itu yang ditarik oleh manusia maupun hewan.

Sejalan dengan perkembangan peradaban manusia, kebutuhan akan sarana transportasi juga meningkat sehingga bermunculan penemuan-penemuan baru di bidang infrastruktur dan suprastruktur transportasi yang seperti kita alami saat ini.

Kehidupan masyarakat yang maju ditandai dengan mobilitas yang tinggi akibat tersedianya fasilitas transportasi yang cukup. Sebaliknya daerah yang kurang baik sistem transportasinya, biasanya mengakibatkan keadaan ekonomi masyarakatnya berada dalam keadaan statis atau dalam tahap immobilitas.

Transportasi merupakan kebutuhan turunan (derived demand) dari kegiatan ekonomi, sehingga pertumbuhan ekonomi suatu negara atau wilayah tercermin dari peningkatan intensitas transportasinya. Transportasi memiliki peran strategis terhadap aspek ekonomi, sosial, guna lahan atau kewilayahan, politik, keamanan, dan budaya.

Transportasi merupakan ilmu terapan

Transportasi bukan merupakan ilmu murni yang mono discipline, tetapi merupakan ilmu terapan yang melibatkan berbagai cabang ilmu (multi discipline), sebagaimana pada gambar berikut (Khisty, C.J)

Ilmu Transportasi

Secara kewilayahan, lingkup transportasi mencakup transportasi nasional (Sistranas dan Tatranas), transportasi regional, transportasi perkotaan dan pedesaan, meliputi moda transportasi darat, laut, udara, perkeretapian dan pipa. Contoh transportasi pariwisata

Dalam implementasinya, transportasi juga tidak bersifat steril akan tetapi bersinggungan juga dengan unsur kelembagaan dan sektor lain. Sehingga dalam pemecahan masalah transportasi memiliki kompetensi kognitif, psikomotorik dan afektif, terintegresi ke dalam kompetensi utuh yang terbentuk dari beberapa aspek.

Beberapa aspek tersebut antara lain: perencanaan, teknik transportasi dan lalu lintas, energi dan lingkungan, ekonomi dan manajemen transportasi, keselamatan dan keamanan transportasi, perundang-undangan dan kebijakan transportasi.

 

Pengertian Transportasi 

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *