Kamis, 10 Agustus 2017

Pengertian Sejarah Secara Umum

Secara umum pengertian sejarah adalah kisah atau cerita yang berhubungan dengan kejadian masa lalu atau sudah terjadi. Istilah sejarah dalam bahasa Indonesia secara etimologi berasal dari bahasa Arab syajara yang berarti terjadi.

Dalam bahasa Arab sendiri, terdapat kata  syajarah atau syajaratun yang berarti pohon dan syajarah an nasab yang artinya pohon silsilah. Waktu itu, ada kebiasaan menyusun daftar silsilah atau lukisan garis keturunan yang disusun secara sistematis, menyerupai pohon yang lengkap dengan cabang-cabang dan ranting-rantingnya.

Pengertian Sejarah Secara Umum

Definisi sejarah dalam bahasa Indonesia mirip dengan istilah history (Inggris), Geschichte (Jerman) atau geschiedenis (Belanda) karena banyak definisi yang memberikan arti sejarah. Menurut kamus-kamus yang banyak terpakai, pengertian sejarah adalah:
  • Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia oleh W.I.S. Poerwadarminta. Sejarah: (1) kesusasteraan lama: silsilah; asal usul; (2) kejadian dan peristiwa yang benar-benar telah terjadi pada masa yang lampau; (3) ilmu, pengetahuan, cerita, pelajaran tentang kejadian dan peristiwa yang benar-benar telah terjadi pada masa yang lampau; riwayat.
  • Dalam Kamus bahasa Inggris, The Concise Oxford Dictionary,  History: continuous methodical record of public events; study of growth of nations; whole train of events connected with nation, person, thing etc. 
  • Dalam Kamus bahasa Jerman, Deutsches Woterbuch von L. Mackensen 3 Auflage. Geschichte: Vergangengheit; Entwicklung, Werdegang; Erforschung der Vergangenheit.  
  • Dalam kamus bahasa Belanda, Verklarend lumdwoordenboek der Nederlandse Taal, M. J. Koenen — J. Endepols. Geschiedenis: voorval, gebeurtenis; verhaal van hetgeen gebeurd is; vak van wetenschap.
Berdasarkan definisi-definisi dalam beberapa bahasa tersebut menunjukkan bahwa yang disebut sejarah adalah tiga hal yaitu.
  1. kejadian-kejadian peristiwa seluruhnya yang berhubungan dengan yang nyata di dalam manusia sekitar kita.
  2. cerita yang tersusun secara sistematis (serba rapi-teratur) dari kejadian-kejadian dan peristiwa-peristiwa umum. 
  3. ilmu yang bertugas menyelidiki perkembangan negara-negara, peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian lampau.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian sejarah secara khusus, didefinisikan oleh beberapa ahli sejarah terkenal, seperti:

Norman E Cantor sejarawan Amerika mendefinisikan sejarah adalah studi tentang apa yang telah diperbuat, dikatakan, dan dipikirkan oleh manusia pada masa lampau.

R Mohammad Ali mengartikan sejarah merupakan keseluruhan perubahan dan kejadian-kejadian yang benar-benar telah terjadi atau ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan yang benar-benar terjadi pada masa lampau. Makna terpenting dari istilah R. Mohammad Ali bahwa sejarah selalu mengandung konsep perubahan.

Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun sejarawan muslim dalam Al Muqaddimah dijelaskan bahwa sejarah dari sisi luar adalah rekaman perputaran masa dan pergantian kekuasaan yang terjadi pada masa lampau. Sedangkan sejarah dari sisi dalam adalah suatu studi dan penalaran kritis dan usaha cermat untuk mencari kebenaran. Sejarah dapat diartikan suatu penjelasan yang cerdas tentang sebab dan asal-usul segala sesuatu atau suatu pengetahuan mendasar tentang bagaimana dan mengapa peristiwa-peristiwa itu terjadi. Istilah mencari kebenaran menunjukkan bahwa sejarah bukan didapat dengan mengumpulkan fakta-fakta saja.
Ibnu Khaldun adalah seorang sejarawan muslim dari Tunisia dan sering disebut sebagai bapak pendiri ilmu historiografi, sosiologi, dan ekonomi, mempunyai nama lengkap Abu Said Abd Rahman ibn Muhammad ibn Khaldun al Hadrami al Ishbili yang lahir pada 27 Mei 1332/732H dan wafat pada 19 Maret 1406/808H. Ibnu Khaldun menjalani masa remaja dan belajar hingga usia 20 tahun di kota Tunis, Tunisia. Keluarga Ibnu Khaldun berasal dari wilayah Hadramaut Yaman yang berhijrah sejak perluasan wilayah Islam ke Andalusia dan berdomisili di wilayah Sevilla, Spanyol.

Sedangkan menurut Edward Hallet Carr, sejarah adalah suatu proses interaksi terus-menerus antara sejarawan dengan fakta-fakta yang ada padanya atau suatu dialog tidak henti-hentinya antara masa sekarang dengan masa silam. Konsep terpenting dalam istilah Carr adalah sejarah mengandung makna kontinuitas atau berkesinambungan. Artinya bahwa kajian yang terjadi pada masa lampau bukan sesuatu yang mati atau berhenti. Kejadian masa lampau memiliki hubungan dengan berbagai kejadian pada masa sekarang sehingga manusia mempunyai pijakan untuk memprediksi masa yang akan datang.

Kesimpulan

Cerita tentang perubahan-perubahan dan sebagainya serta ilmu yang menyelidiki perubahan-perubahan tersebut itu pada dasarnya merupakan kegiatan manusia. Manusia menyelidiki kenyataan bahwa kehidupan manusia yang terus berubah. Hasil penyelidikan itu dihimpun olehnya dalam sebuah cerita.

Pengertian sejarah sebagai ilmu dan sejarah sebagai cerita adalah ciptaan manusia dan bukan sesuatu yang timbul atau terjadi di luar usaha manusia (seperti gunung meletus, air bah, angin taufan). Manusia sebagai subjek atau pemegang peranan dalam membuat ilmu dan cerita. Dengan demikian, ilmu sejarah dan cerita sejarah disebut sejarah serba-subjek, artinya hasil perbuatan manusia.


Pengertian Sejarah - Kanal Info

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...