Selasa, 25 Juli 2017

Apakah Emoticon Itu

Bagi pengguna internet, komputer, gadget tentu sudah tidak asing lagi dengan emoticon. Apalagi yang sering ber-media sosial, chatting atau membuat artikel blog. Meskipun sering menggunakan, namun terkadang masih ada yang belum tahu apakah emoticon itu sebenarnya?

Pengertian emoticon adalah kombinasi simbol- simbol berbentuk teks tertulis yang disusun dari karakter ASCII sebagai simbol atau lambang untuk mengungkapkan luapan perasaan. Dengan kata lain, emoticon itu merupakan bahasa emosi yang diwujudkan dengan bentuk ikon atau lambang.

Istilah emoticon berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris yaitu emotion/emotional (emosi/emosional) dan icon (ikon/lambang). Sedangkan emoticons adalah bentuk jamak (penambahan huruf ‘s’ pada kata emoticon) singkatan dari emotional icons. Sebagian orang, menyebut emoticon dengan istilah smileys (berasal dari kata smile yang berarti senyum).

Apakah Emoticon Itu

Sejarah Asal-usul Emoticon

Sebenarnya Emoticon sudah ada dan digunakan sejak jaman dulu jauh sebelum internet atau gadget (handphone) ditemukan. Awalnya emoticon terdapat pada buku "National Telegraph Review and Operators Guide" yang diterbitkan pada April 1857 di Amerika Serikat. Untuk mengungkapkan kata "love and kisses" dalam sebuah surat telegraf, digunakan simbol- simbol dalam kode morse.

Emoticon menjadi sangat terkenal setelah Harvey Ball, seorang seniman asal Massachusetts Amerika Serikat, sekitar tahun 1963 menciptakan simbol "smiley" yaitu sebuah wajah berupa lingkaran berwarna kuning, dengan dua titik hitam yang menggambarkan dua mata, serta di bawahnya terdapat garis lengkung ke atas yang menggambarkan bibir sedang tersenyum. Sangat simpel namun menarik dan lucu.

Dalam perkembangannya, "smiley" menjadi representasi grafis dari emoticon, sehingga terkadang banyak orang menyebut emoticon dengan nama smiley.

Setelah komputer dan jaringannya mulai banyak dikenal orang, sekitar tahun 1980-an, emoticon untuk pertama kalinya digunakan oleh Scott E. Fahlman, seorang Profesor dari Universitas Carnegie Mellon, Pittsburgh Amerika Serikat, dalam sebuah pesan elektronik melalui jaringan komputer.

Hanya saja, untuk memahami emoticon pada waktu itu, cara yang digunakan sangat unik yaitu penerima pesan harus melihat sambil memiringkan kepala sekitar 90 derajat agar dapat melihat lambang wajah. Misalkan,  :-).

Sang Profesor mengusulkan menggunakan tanda atau simbol tertentu agar pesan online yang disampaikan tersebut apakah serius atau santai. Simbol-simbol awal tersebut adalah:  :-( untuk pesan tulisan yang harus ditanggapi secara serius dan :-) sebagai tanda bahwa bagi tulisan tersebut santai (lelucon).

Simbol-simbol tersebut akhirnya menyebar dan banyak digunakan di lingkungan kampus dan Universitas Stanford pun menerapkan tanda atau simbol pada pesan online tersebut. Bukan hanya simbol serius atau santai saja, perusahaan Xerox mengembangkan simbol-simbol tersebut dengan menciptakan emoticon- emoticon baru.


Apakah Emoji dan emoticon itu sama?

Selain emoticon, sering kali mendengar istilah emoji. Pada dasarnya adalah sama, yaitu simbol atau lambang sebagai ungkapan emosi atau ekspresi. Emoji dikenal dan berasal dari Jepang sebagai pengembangan emoticon yang disesuaikan dengan karakter dan kondisi budaya Jepang.

Emoji secara harfiah dalam bahasa Jepang memiliki arti karakter gambar. Selain itu, dibandingkan dengan emoticon yang harus memiringkan kepala untuk membaca lambang wajah, pada emoji tanpa perlu memiringkan kepala untuk membaca lambang wajah. Misalnya, simbol (^_^) atau (T_T).

Perkembangan Emoticon

Saat ini, lambang emoticon sudah berkembang menjadi bentuk yang menarik. Beberapa aplikasi dapat mengubah susunan dari karakter ASCII menjadi tampilan emoticon dengan simbol gambar yang menarik seperti smiley. Orang tidak harus menuliskan karakter titik dua, kurung buka/tutup, sama dengan dan sebagainya karena ada menu emoticon yang bisa dipilih.

Selain itu, dengan adanya beraneka macam emoticon, orang tidak perlu lagi mengetik kata-kata untuk mengungkapkan perasaan kepada orang yang diajak berkomunikasi secara online atau saat kirim pesan teks baik itu lewat email, chatting,  pesan instant seperti Yahoo Messenger, Google Chat, WA, SMS.

Bayangkan bila tidak ada emoticon, pesan yang dikirim akan terasa datar. Dari segi seni tulisan, menggunakan emoticon tulisan akan lebih unik, menarik dan lucu.

Contoh penulisan Emotion (emosi) berdasarkan karakter  ASCII

Universal Emotion

:-) atau :) = Senang / tersenyum.
 :-( atau : ( = Sedih / kecewa
: - 0 atau : - o = Terkejut/ heran
 :- @ = Berteriak
:- < = Sedih sekali
 :- || = Marah
:-D = Tertawa
 :’-( = Menangis
;-) = Berkedip
 %-) = Bahagia --bingung
%-( = Sedih –bingung
 :- / atau :- \ = Pikir-pikir
: P = Meledek


Emoji (Kaomoji emotion)

(^_^) atau (^-^) = Tersenyum
 (^0^) = Tertawa lebar
(^.^) = Senyum simpul
 \(^0^0)/ = Bersorak riang
(^3^) = Berseru
(*^-^*) = Senyum malu, tersipu
(o^-^o) = Senyum merona
("-";) = Merasa terganggu
(-_-;;) = Gugup
f(^_^) = Garuk garu kepala
(T_T) = Menangis
( ;_; ) = Menitikkan air mata
(" ~ ") = Manyun
(>_<) = Geram
(-_-#) = Marah
(+_+) = BeTe
(x_x) = Pusing
(x_x#) = Pusing habis dipukuli
(?_?)...??? = Bertanya-tanya dalam hati
(@_@) = Melotot, Heran
( _ _ )..zzZZ = Tidur
( _ _ ")..zzZZ = Bosan sampai ketiduran
m( _ _ )m = Memohon
w(^ _ ^) = Mendengarkan
(*^3^) = Mencium
(*^.^*) = Dicium
(=_=) atau (#^ ^#) = Malu sampai tersipu-sipu
( _ _ ) ..ooOO = Bermimpi
Ø(. .) = Menulis
((( (((;^ ^) = Berlari
C=C=(;' _') = Tergesa-gesa
(o_ _)o = Putus asa
(^ _^)d = Acungkan jempol
(^ _^)V = Tanda peace
(p^ ^)p = Ngajak brantem
y(^o^)y~~~ = Merokok


pengertian dan sejarah emoticon - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...