Jumat, 05 Mei 2017

Pengertian Simbiosis dan Macamnya

Pengertian simbiosis adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang hidup bersama dan saling bergantung satu sama lain. Pada dasarnya setiap hubungan antara dua populasi spesies (kelompok organisme) yang hidup bersama adalah simbiosis, terlepas dari apakah spesies itu bermanfaat, berbahaya, atau tidak berpengaruh pada satu sama lain. Makhluk hidup yang melakukan simbiosis disebut simbion.
Secara etimologi, simbiosis berasal dari bahasa Yunani symbiōsis yang berarti "keadaan hidup bersama." Kata dasar symbiōsis adalah symbios ( hidup bersama), kombinasi dari kata "sym" yang berarti "dengan," dan "bios" yang berarti "hidup." Istilah Simbiosis paling sering digunakan dalam ilmu biologi.


Istilah simbiosis diadopsi oleh komunitas ilmiah sekitar tahuan 1800-an, meskipun telah muncul dalam bahasa Inggris dalam arti non-ilmiah pada tahun 1622. Dalam arti luas, simbiosis diartikan sebagai hubungan antara dua orang atau kelompok yang bekerja dengan saling bergantung satu sama lain.

Pengertian Simbiosis dan Macamnya

Macam-macam Simbiosis


1. Simbiosis Mutualisme

Simbiosis Mutualisme adalah simbiosis yang menguntungkan keduanya Artinya hubungan antar organisme tersebut saling menguntungkan satu dengan yang lain.

Contoh simbiosis mutualisme: 
  • Hubungan antara lebah dan kupu-kupu dengan bunga. Lebah dan kupu-kupu mendapat sari makanan dari bunga. sedangkan bunga dibantu penyerbukannya oleh lebah dan kupu-kupu.
  • Hubungan alga dengan jamur pada lumut kerak (lichenes). Alga mendapatkan air dan mineral-mineral atas bantuan jamur, sedangkan jamur mendapatkan makanan dari alga karena alga memiliki klorofil untuk berfotosintesis. 

2. Simbiosis Komensalisme

Simbiosis komensalisme adalah simbiosis yang tidak saling menguntungkan, tetapi juga tidak merugikan. Artinya pada hubungan yang terjadi salah satu simbion memperoleh keuntungan. tetapi simbion lainnya tidak diuntungkan dan juga tidak dirugikan. 

Contoh simbiosis komensalisme

  • Hubungan tanaman sirih dengan inangnya (tumbuhan yang ditumpanginya).
  • Hubungan antara ikan remora dengan ikan hiu. Ikan remora mempunyai semacam alat pengisap sehingga dapat menempel pada ikan hiu atau ikan Iainnya yang lebih besar. Dengan menempel seperti itu, sisa makanan hiu yang berupa remah-remah dimanfaatkan oleh ikan remora. lkan remora juga diuntungkan karena terhindar dari predatomya. Sementara itu, kehadiran ikan remora tidak mengganggu ikan hiu.

3. Simbiosis Parasitisme

Simbiosis parasitisme adalah aimbiosis yang merugikan salah satu organisme. Artinya pada hubungan yang terjadi salah satu simbion mendapatkan keuntungan, sedangkan simbion yang lain dirugikan.

Contoh simbiosis parasitisme

  • Hubungan parasit dengan inangnya. Berbagai mikro organisme penyakit yang hidup pada manusia, hewan dan tumbuhan bersifat parasit. Parasit hidup dan mendapatkan makanan dari inangnya, yaitu tubuh manusia, hewan, atau pun tumbuhan. 
  • Hubungan tumbuhan benalu dengan inangnya. Benalu mendapatkan makanan dari inangnya, tetapi benalu tidak memberikan apa-apa kepada inangnya tersebut.

Pengertian Simbiosis - Kanal Info

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...