Selasa, 11 April 2017

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Pengertian globalisasi secara umum adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Globalisasi merupakan proses perkembangan pada masa kini (kontemporer) yang mempunyai pengaruh dalam mendorong munculnya berbagai kemungkinan tentang perubahan dunia yang akan berlangsung. 


Pengaruh globalisasi dapat menghilangkan berbagai halangan dan rintangan yang menjadikan dunia semakin terbuka dan saling bergantung satu sama lainnya. Globalisasi akan membawa kesadaran yang tajam (perspektif) tentang konsep "Dunia Tanpa Tapal Batas"yang saat ini diterima sebagai realita masa depan yang akan mempengaruhi perkembangan budaya dan membawa perubahan baru.

Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi ini. Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan. Globalisasi menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab, dipecahkan dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan. 

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Pengertian Glogalisasi Dan Dampaknya


Globalisasi merupakan sebuah istilah yang mulai sering muncul pada tahun 1980-an dan lebih sering lagi sejak pertengahan 1990-an dan mulai begitu populer sebagai ideologi baru sekitar tahun 2000 setelah dampak dari IMF yang mengidentifikasi empat aspek dasar globalisasi. 

Sebagai istilah, globalisasi begitu mudah diterima atau dikenal masyarakat seluruh dunia. Wacana globalisasi sebagai sebuah proses ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga ia mampu mengubah dunia secara mendasar. Globalisasi sering diperbincangkan oleh banyak orang, mulai dari para pakar ekonomi, sampai penjual iklan. 

Apa yang dimaksud dengan globalisasi? Menurut Selo Soemardjan, globalisasi adalah terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama. Globalisasi merupakan kecenderungan masyarakat di kota-kota besar untuk menyatu dengan dunia terutama di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, pariwisata, dan media komunikasi massa. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, globalisasi didefinisikan sebagai fenomena (gejala) yang menjadikan dunia menjadi kecil dari segi hubungan manusia. Hal ini dimungkinkan karena perkembangan teknologi yang sangat cepat. Menurut cendekiawan Barat, globalisasi adalah satu proses kehidupan yang serba luas, tidak terbatas, dan merangkum segala aspek kehidupan, seperti politik, sosial, dan ekonomi yang dapat dinikmati oleh seluruh umat manusia di dunia ini. 

Menurut pengertian The American Heritage Dictionary, "globalization is the act of process or policy making something worldwide in scope or application." Globalisasi sebenarnya dapat diartikan sebagai suatu tindakan dari suatu proses atau pengambilan kebijakan menjadikan sesuatu yang mendunia (universal), baik dalam lingkupnya maupun aplikasinya.

Dalam kata globalisasi tersebut mengandung suatu dampak akan hilangnya satu situasi dimana berbagai pergerakan barang dan jasa antar negara diseluruh dunia dapat bergerak bebas dan terbuka dalam perdagangan. Dan dengan terbukanya satu negara terhadap negara lain, yang masuk bukan hanya barang dan jasa, tetapi juga berdampak pada teknologi, pola konsumsi, pendidikan, nilai budaya dan lain-lain.


Pengertian Globalisasi  - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...