Jumat, 03 Februari 2017

Pengertian Sistem Gadai BPKB

Pengertian Sistem Gadai BPKB adalah suatu usaha yang dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan pinjaman uang atau dana tunai dalam jumlah cukup besar dengan jaminan buku Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) yang dikeluarkan/diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri, baik itu mobil maupun motor, sebagai bukti bahwa kendaraan tersebut merupakan miliknya.

Hanya dengan jaminan BPKB, masyarakat dapat menerima uang untuk memenuhi kebutuhan keuangannya untuk berbagai macam keperluan seperti pengembangan usaha, bisnis, pribadi maupun kebutuhan lainnya. Pemilik kendaraan tersebut tidak harus menyerahkan kendaraan sebagai jaminan namun sistem gadai BPKB mobil atau motor hanya menyerahkan BPKB yang syah sebagai ganti kendaraan tersebut.

Pengertian Sistem Gadai BPKB

Sistem Gadai BPKB Mobil dan Motor


Banyak tempat untuk melakukan gadai BPKB mobil atau motor baik itu yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta bahkan ada yang pribadi (perorangan), namun yang paling umum sebagai tempat peminjaman uang dengan sistem gadai BPKB adalah Bank dan Perusahaan Pembiayaan (Multi Finance). Tentu saja, masing-masing tempat gadai BPKB memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Meski banyak tempat dan cara melakukan pinjaman dana tunai dengan sistem gadai BPKB, namun sebaiknya pilihlah perusahaan atau tempat resmi yang dapat menjamin keamanan agunan. Jangan sembarangan memilih tempat gadai BPKB meskipun dengan iming-iming yang menggiurkan, Apalagi terkadang perusahaan pembiayaan resmi mengadakan promo pinjaman dana.

Saat ini kendaraan sudah sangat umum dijadikan agunan kredit untuk mendapatkan dana tunai oleh masyarakat. BPKB kendaraan yang sering menjadi agunan berupa BPKB motor, mobil dan truk, namun jumlah uang yang diterima sesuai dengan kondisi dan nilai kendaraan tersebut. Sedangkan persyaratan umum yang diminta adalah BPKB asli, Fotocopy Identitas resmi, STNK, dan lain-lain 

Selain itu, usia kendaraan juga menjadi prioritas misalkan untuk motor berusia tidak lebih dari 5 tahun dan mobil biasanya berusia tidak lebih dari 10 tahun. Kendaraan bermotor sebenarnya bukanlah merupakan sebuah barang investasi, karena itu nilainya akan turun dari tahun ke tahun sehingga nilai taksir tertinggi yang ditawarkan bervariasi. Misalkan untuk mobil, nilai taksir tertinggi rata-rata adalah Rp 100 juta dengan tenor maksimal 5 tahun, kecuali mobil sangat mahal.  


Pengertian Sistem Gadai BPKB - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...