Pengertian Karakter

Pengertian karakter secara umum adalah watak, sifat atau hal-hal yang sangat mendasar pada diri seseorang. Umumnya, istilah karakter sering diasosiasikan dengan istilah temperamen yang didefinisikan dengan penekanan pada unsur psikososial terkait dengan masalah kejiwaan manusia (inner self) dan merupakan bagian yang sangat penting dari keseluruhan manusia.

Secara etimologi, istilah karakter berasal dari bahasa Yunani “karasso” yang berarti cetak biru, format dasar, sidik (seperti dalam sidik jari). Dalam istilah bahasa Inggris berarti “to mark” (menandai), yaitu menandai tindakan atau tingkah laku seseorang.

Kemudian istilah ini banyak digunakan dalam bahasa Perancis “caratere” pada abad ke- 14 dan kemudian masuk dalam bahasa Inggris menjadi “character”, yang akhirnya menjadi bahasa İndonesia “karakter”.

 

Pengertian Karakter Menurut Beberapa Sumber

Dalam Oxford Advace Learner’s Dictionary of Current English, character dapat diartikan:

  1. All the qualities and features that make a person, groups of people, and places different from others (semua kualitas maupun ciri-ciri yang membuat seseorang, kelompok orang, atau tempat, berbeda dari yang lain);
  2. the Way the Something is, or a particular quality or peature that a thing, an event or a place has (cara yang khas atau kekhasan yang dimiliki oleh Sesuatu, peristiwa atau tempat);
  3. Strong personal qualities Such as the ability to deal with difficult or dangerous situations (kualitas pribadi yang tangguh misalnya kemampuan dalam menghadapi situasi yang Sulit atau berbahaya);
  4. the interesting or unusual quality that a place or a person has (kualitas menarik dan luar biasa yang dimiliki suatu tempat atau orang);
  5.  a person, particularly an unpleasant or Strange one (orang yang aneh atau tidak menyenangkan);
  6. an interesting or unusual person (orang yang menarik dan luar biasa);
  7. the opinion the people have of you, particularly of whether you can be trusted or relied on (pendapat khalayak tentang anda, apakah anda dapat dipercaya).

Dalam Dorland’s Poket Medical Dictionary disebutkan bahwa karakter adalah sifat nyata dan berbeda yang ditunjukkan oleh individu.

Dalam Kamus Psikologi (Dali Gulo, 1982) dinyatakan bahwa karakter adalah kepribadian yang ditinjau dari titik tolak etis atau moral. Misalnya kejujuran seseorang, dan biasanya berkaitan dengan sifat-sifat yang relatif tetap.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kemdikbud online), karakter diartikan sebagai sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain; tabiat; watak.

Dalam Encyclopedia of PCychology, didefinisikan “Character as the habitual mode of bringing into harmony the tasks presented by internal demands and by the external Word, it is necessarily a fungtion of the Constant, Organized, and integrating part of the personality which is called ego“.

Kajian Tentang Karakter

Istilah karakter memiliki banyak definisi dan banyak digunakan dalam kehidupan manusia. Kajian tentang karakter menjadi kajian yang sudah sangat lama diperhatikan oleh para Psikolog, Paedagog, dan Pendidik dan sebagainya, maka karakter dapat dipahami secara berbeda-beda sesuai penekanan dan pendekatan masing-masing.

Dalam konteks penulisan atau penerbitan surat kabar, karakter berhubungan dengan huruf dalam kalimat. Dalam bidang seni film, karakter berhubungan dengan peran pemain.

Sementara bila dikaitkan dengan masalah kejiwaan karakter memberikan makna sebagai tabiat dan akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain.

Dari Sudut pandang behavioral, karakter juga dipahami dengan penekanan pada unsur somatopsikis yang dimiliki individu sejak lahir. Oleh karenanya, karakter dianggap sama dengan kepribadian.

Kepribadian dianggap sebagai ciri atau karakteristik atau gaya atau sifat khas dari diri seseorang yang bersumber dari bentukan-bentukan yang diterima dari lingkungan, misalnya keluarga pada masa kecil, dan juga bawaan Seseorang sejak lahir.

Dalam bahasa Yunani, sebagaimana diungkapkan di atas, karakter lebih bersifat sesuatu yang final, pemberian Tuhan atau sudah menjadi ketentuan alam yang tidak dapat diubah.

Seperti halnya laut dengan gelombang pasang dan angin yang menyertainya adalah karakter yang tidak dapat dikuasai oleh intervensi manusiawi.

 

Pengertian Karakter – Kanal Informasi

You May Also Like

About the Author: Kanal Info

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

3 Comments

  1. boleh tahu daftar pustaka secara detail bersama halamannya tentang informasi tentang pengertian karakter dari beberapa (sumber pecetak, tahun cetak, nama penulis, judul buku, penerbit) umtuk karya tulis ilmiah tolong bantu saya semoga dengan membantu saya mendapatkan ganjaran amal kebaikan dari Allah SWT aamiin, haturnuhun…

    1. Pengertian karakter di artikel ini dikutip dari beberapa kamus online bukan pendapat para ahli psikologi. Jadi bersifat umum. Mohon maaf, saya tidak dapat memberikan daftar pustaka atau rujukan dari buku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *