Minggu, 11 Desember 2016

Makna Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pengertian Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan adalah Pertamina sebagai perusahaan BUMN berbentuk PT Persero memiliki penyelesaian terhadap masalah bahan bakar yang dipasarkan dalam negeri sesuai standar dan mutu yang telah ditetapkan pemerintah dengan memperhatikan perkembangan teknologi, kemampuan produsen, kemampuan dan kebutuhan konsumen, keselamatan dan kesehatan kerja serta pengelolaan lingkungan hidup.

Solusi atau penyelesaian masalah tersebut salah satunya adalah keberhasilan Pertamina memproduksi spesifikasi bahan bakar jenis bensin 90 (RON 90) dengan nama Pertalite yaitu bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan namun dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu level research octane number (RON) 90, membuat pembakaran pada mesin kendaraan dengan teknologi terkini lebih baik dan sesuai untuk kendaraan bermotor roda dua hingga mobil MPV ukuran menengah.

Pertalite Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan ini telah diedarkan kepada masyarakat luas sejak 24 Juli 2015 dengan harga perdana Rp 8.400 per liter yang memiliki selisih Rp 1.100/liter lebih tinggi daripada harga Premium. Namun harga Pertalite lebih murah daripada harga Pertamax yaitu Rp 10.950 per liter dan Pertamax Plus Rp 12.400 per liter pada waktu itu. Terkait harga Pertalite RON 90, akan mengikuti harga keekonomian atau harga index pasar karena termasuk BBM umum dan bukan BBM subsidi.


Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Pengisian Pertalite perdana ke sebuah mobil keluarga di lakukan oleh Dirjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja didampingi oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan jajaran direksi Pertamina di SPBU 31.1.02.02 Abdul Muis, Jakarta Pusat.

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan


Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan bukan hanya menjadi slogan perusahaan semata, namun diwujudkan dengan bukti nyata bahwa sebagai sebuah persero, Pertamina memiliki peran dalam penyediaan dan pelayanan bahan bakar minyak berkualitas berdasarkan prinsip pengelolaan perusahaan secara efektif dan efisien. Di samping itu Pertamina juga melakukan kewajiban pelayanan publik (Public Service Obligation) dalam memberikan kontribusi guna meningkatkan kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.

Kehadiran Pertalite yang memiliki kandungan oktan 90 atau Research Octane Number (RON) 90 merupakan bahan bakar yang mampu bekerja maksimal terhadap kompresi tinggi. Selain itu, dengan adanya BBM berkualitas Pertalite ini semakin mendekatkan target pemerintah untuk menerapkan Standar Emisi EURO (European Emission Standard ) di Indonesia yang selama ini terkendala dengan masih adanya peredaran BBM di bawah standar.

Meskipun Pertalite jenis bahan bakar ramah lingkungan yang sesuai standar lingkungan ESC (European Steady Cycle) belum sepenuhnya tersedia di seluruh SPBU-SPBU Pertamnia di Indonesia, namun ketersediaan jenis bahan bakar minyak (BBM) RON 90 ini telah menambah pilihan masyarakat terhadap jenis bahan bakar kendaraan mesin jenis bensin (gasoline) yang ada sebelumnya yaitu Premium (RON 88), Pertamax (RON 92) dan Pertamax Plus (RON 95).

Pertalite Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas Harga Terjangkau


Kehadiran Pertalite bisa menjadi salah satu solusi menjaga udara agar tetap bersih akibat dari pencemaran kendaraan bermesin. Dengan adanya BBM ramah lingkungan dan beroktan tinggi atau memenuhi standar EURO2, selain mengembalikan kondisi udara tetap sehat, penggunaan bahan bakar murah dengan kadar oktan yang rendah justru akan berdampak lebih mahal karena mengeluarkan biaya yang lebih dalam perawatan kendaraan.

Produk Pertalite sesuai slogan Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan serta harga terjangkau, berdasarkan:
  • Pertalite RON 90. BBM dengan oktan 90 menciptakan pembakaran sempurna sehingga dapat mengurangi dan mencegah polusi udara. 
  • Pertalite hanya memiliki kandungan Sulfur 180 ppm (part per million) jauh di bawah kandungan Sulfur yang ditetapkan pemerintah yaitu maks 500 ppm. Kandungan Sulfur yang rendah ini membuat bahan bakar ikut menjaga keseimbangan alam. 
  • Pertalite telah dilengkapi dengan zat aditif bermutu tinggi sehingga menghasilkan bahan bakar berkualitas serta menurunkan emisi gas buang yang berpotensi sebagai unsur pencemar lingkungan. 
  • Pertalite menghilangkan kandungan logam Mangan (Mg) dan Besi (Fe) agar unsur logam dari asap buangan kendaraan bermotor tidak menjadi sumber bahan-bahan polutan yang sangat berbahaya bagi bumi dan lingkungan. 
  • Dengan usaha di atas, Pertalite Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan telah sesuai dengan standar Euro2 dalam meningkatkan kinerja mesin kendaraan agar dapat mengurangi emisi gas buang sehingga lebih ramah lingkungan dan memperkecil resiko kerusakan mesin. 
  • Harga pertalite lebih terjangkau daripada pertamax karena untuk membuat Pertalite komposisi bahannya adalah nafta yang memiliki RON 65-70, kemudian dicampurkan HOMC (High Octane Mogas Component), HOMC bisa juga disebut Pertamax RON 92-95, agar RON Pertalite menjadi RON 90. 

Keunggulan Bahan Bakar Pertalite Pertamina

Dalam kajian teori, bahan bakar yang memiliki kadar oktan tinggi mempunyai banyak keunggulan dibanding dengan bahan bakar yang beroktan rendah. Beberapa keunggulannya yaitu menjaga kualitas mesin kendaraan, tenaga yang dihasilkan lebih tinggi dan lebih irit serta lebih ramah lingkungan.

Beberapa hasil uji coba yang dilakukan praktisi otomotif dan kalangan perguruan tinggi menunjukkan bahwa Pertalite lebih hemat 10-16% dibandingkan dengan premium. Pertalite sangat direkomendasikan untuk kendaraan yang memiliki kompresi 9,1-10,1 atau mobil tahun 2000 ke atas, terutama yang telah menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik).

Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) ITB mengatakan bahwa secara umum, Pertalite lebih irit ketimbang dengan Premium dan secara performa, Pertalite lebih baik dibanding Premium namun masih di bawah Pertamax.

Uji coba untuk kendaraan roda dua dilakukan pada mo­tor jenis Honda Beat 110 cc Full Injection (FI), Honda Vario 125 ccFI, dan Yamaha Vixion 150 ccFI. Sedangkan roda empat pada mobil Toyota Camry, Toyota Avanza, dan Mercedes.

Hasil uji yang dilakukan Pertamina, pada Toyota Avanza, satu liter Pertalite mampu menempuh jarak 14,78 Km, sedangkan jika menggunakan Premium hanya mampu melaju 13,93 Km.

Pertalite Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Keunggulan Pertalite Menurut Kajian Pertamina


1.Durability

PERTALITE memenuhi syarat dasar durability (ketahanan) yaitu bahan bakar kendaraan yang tidak akan menimbulkan gangguan serta kerusakan mesin. Kandungan oktan yang dimiliki pertalite adalah 90 serta mengandung aditif detergent, anti korosi, serta pemisah air yang akan mengahambat proses korosi dan pembentukan deposit didalam mesin.

2. Fuel Economy

Kesesuaian oktan 90 PERTALITE dengan perbandingan kompresi kebanyakan kendaraan beroperasi sesuai dengan rancangannya. Perbandingan Air Fuel Ratio yang lebih tinggi dengan konsumsi bahan bakar menjadikan kinerja mesin lebih optimal dan efisien untuk menempuh jarak lebih jauh karena biaya operasi bahan bakar dalam Rp/Km akan lebih hemat.

3. Performance

Kesesuaian angka Oktan PERTALITE dan Aditif yang dikandungnya dengan spesifikasi mesin akan menghasilkan performa mesin yang jauh lebih baik dibandingkan ketika menggunakan Oktan 88. Hasilnya adalah tarikan lebih enteng, kecepatan yang lebih tinggi serta emisi gas buang yang lebih bersih. Hal ini akan menjadikan kendaran lebih lincah dalam bermanufer serta lebih ramah lingkungan.

Bagi masyarakat yang menginginkan performa kendaraan jauh lebih bertenaga dan irit maka sebaiknya mulai dari sekarang gunakan saja Pertalite Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan. Pertalite memberikan manfaat bagi masyarakat agar bijak dalam memilih bahan bakar yang tidak merusak lingkungan. Bukan soal murah tapi juga memperhatikan lingkungan.



Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan - Kanal Informasi

0 komentar

Posting Komentar

Blogger nggak suka spammer...