Selasa, 29 November 2016

Pengertian Tes Inteligensi

Pengertian Tes inteligensi adalah tes berupa kemampuan yang berhubungan dengan proses kognitif berpikir, daya menghubungkan, serta kemampuan dalam menilai dan mempertimbangkan. Inteligensi memiliki pengertian sebagai kemampuan individu untuk dapat menyelesaikan permasalahan secara cepat dan tepat. Tes inteligensi bisa menggambarkan kapasitas umum individu.

Pada dasarnya, tes intelegensi BUKANLAH sebuah tes karena di dalamnya tidak ada pengertian lulus atau tidak. Salah satu yang ingin dilihat dari seorang individu dalam proses pemeriksaan psikologi adalah inteligensi yang merupakan suatu bagian dari keseluruhan kepribadian seorang individu.  

Pengertian Tes Inteligensi

Aspek-aspek Dalam Tes Intelegensi


Tes intelegensi ini dapat juga dipandang sebagai suatu tes kesesuaian kemampuan atau tes bakat. Namun, pengertian bakat secara psikologi tidak sama dengan pengertian awam. Bakat yang dimaksud adalah kemampuan atau aspek intelektual yang menunjukan kekuatan, kelemahan, dan cara berpikir seseorang. Dengan kata lain, bakat adalah cepat mudahnya individu dalam mempelajari sesuatu.

Biasanya, hasil tes inteligensi sangat tergantung pada kondisi individu saat tes berlangsung. Artinya suasana emosi kebugaran, dan kesehatan individu harus diusahakan sebaik mungkin, sehingga hasil yang dicapai pun bisa maksimal.

 Aspek-aspek yang termasuk dalam tes inteligensi, sebagai berikut.

Inteligensi Umum

Inteligensi umum yaitu taraf kecerdasan atau kemampuan individu untuk mengatasi masalah yang dihadapi (mempelajari dan atau memecahkan hal-hal yang baru dan kompleks). Kemampuan ini meliputi kemampuan mengolah dan menganalisis data, serta kemampuan berpikir wajar.

Daya Abstraksi 

Daya abstraksi, yaitu kemampuan individu dalam melihat dan menelaah suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang yang luas. Hal ini meliputi kemampuan menganalisis untuk memahami adanya hubungan yang wajar pada suatu permasalahan, dari yang konkret dan sederhana sampai persoalan-persoalan yang abstrak, rumit, dan kompleks. 

Daya Tangkap

Daya tangkap, yaitu kemampuan individu untuk memahami alasan-alasan yang wajar dan untuk menangkap makna dari suatu yang nyata, sehingga individu mampu memahami, mengantisipasi, dan memberikan tanggapan atau reaksi yang tepat terhadap persoalan praktis sehari-hari. Secara umum, kemampuan ini meliputi kemampuan untuk mengerti dan memahami perintah dan informasi dari lingkungan tempat individu tersebut berada. 

Kemampuan Analitis dan Sintesis

Kemampuan analisis dan sintesis, yaitu kemampuan individu untuk mengolah atau mengurai, sekaligus menarik kesimpulan tentang permasalahan yang dihadapi. Dalam praktiknya, individu mampu mengenal suatu masalah, mencari, dan menghubungkan data-data dari berbagai sumber dan menggunakannya untuk memecahkan suatu masalah. 

Logika Berpikir 

Logika berpikir, yaitu kemampuan individu untuk berpikir secara teratur dan terarah (wajar dan masuk akal) mengikuti suatu pola atau aturan tertentu. 

Daya Kreativitas

Daya kreativitas, yaitu kemampuan individu untuk menemukan dan mengemukakan pendapat atau ide-ide baru orisinal dan bermanfaat bagi situasi dan kondisi yang ada.

Dalam tes inteligensi, terdapat beberapa sub tes yang masing masing sub tes berusaha menggali aspek-aspek intelektual individu. Masing-masing sub tes memberikan permasalahan yang berbeda-beda untuk diselesaikan.


Pengertian Tes Inteligensi - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...