Rabu, 16 November 2016

Pengertian Lingua Franca

Pengertian Lingua Franca adalah bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antar orang-orang yang berasal dari berbagai latar belakang bahasa yang berbeda. Lingua Franca merupakan bahasa pengantar atau bahasa pergaulan agar masing-masing pihak yang berbeda bahasa sama-sama mengerti dengan apa yang disampaikan. 

Istilah lingua franca berasal dari nama suatu bahasa tertentu yang digunakan di sekitar Laut Mediterania timur pada akhir abad pertengahan khususnya selama era Renaissance, sebagai bahasa utama perdagangan dan diplomasi. 

Lingua franca adalah sebuah bahasa yang diadopsi sebagai bahasa umum antara pembicara yang menggunakan bahasa ibu yang berbeda. Kata lingua artinya bahasa dan franca yang artinya pergaulan. Dengan demikian lingua franca merupakan istilah yang didefinisikan secara fungsional, yaitu independen terlepas dari sejarah linguistik atau struktur bahasa.

Pengertian Lingua Franca

Karakteristik Lingua Franca


Karakteristik lingua franca adalah bahasa yang digunakan telah berkembang luas dan menjadi penghantar dalam komunikasi antar semua kelompok. Contoh lingua franca adalah bahasa Inggris karena digunakan secara luas oleh masyarakat dunia internasional sebagai sarana berkomunikasi untuk perdagangan, politik, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya.
 
Selain itu, yang bisa dianggap sebagai lingua franca adalah bahasa Arab, Cina, Spanyol atau bahasa-bahasa yang memiliki pengaruh dan pengguna bahasa tersebut cukup luas di beberapa wilayah tertentu. Salah satunya adalah bahasa Melayu merupakan lingua franca di kawasan Asia Tenggara karena pernah digunakan oleh Indonesia, Malaysia, Brunai, Filiphina dll sebagai bahasa pergaulan atau pengantar pada jaman dulu.

Di negara-negara tertentu, lingua franca juga bisa menjadi bahasa nasional. Misalkan bahasa Urdu adalah lingua franca Pakistan serta menjadi bahasa nasional Pakistan. Bahasa Mandarin adalah lingua franca Cina serta menjadi bahasa nasional.

Sejarah Bahasa Melayu Menjadi Lingua Franca

Menurut Prof. H. Kern (dalam Zuber Usman, 1977) pemakaian bahasa Melayu dimulai dari penduduk sekitar gugusan pulau nusantara seperti penduduk Timur Sumatra, Semenanjung Malaka hingga ke pantai Campa-Vietnam. Penyebaran bahasa Melayu juga disebarkan ke berbagai penjuru Asia, India, Persia, Arabia, Afrika dan melewati pintu vietnam (Campa) ke pintu Tiongkok. 

100-200 SM, bahasa Melayu melewati Timor Pantai Utara Australia, Irian melalui Melanesia lalu ke Polynesia dan berhasil mencapai pulau-pulau Hawai dan Paska. Perkembangan bahasa-bahasa Melayu di selatan menurut uraian Prof. H. Kern dari Barat ke timur sesuai dengan sejarah pelayaran orang Melayu.

Bahasa Melayu sebagai Lingua Franca di wilayah kepulauan Nusantara akhirnya diangkat menjadi bahasa Indonesia pada peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Semenjak itu, bahasa Melayu telah menjadi bahasa persatuan dari segenap suku yang berada di Wilayah nusantara dan bahkan bahasa tersebut telah digunakan dalam teks proklamasi Republik Indonesia tahun 1945. 

Referensi: Bahasa Melayu Sebelum dan Sesuda menjadi Lingua Franca, Zuber Usman, SS. SP., Idayu Press,1977.


Pengertian Lingua Franca - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...