Minggu, 27 November 2016

Pengertian Disgrafia dan Penyebabnya

Pengertian disgrafia adalah kesulitan dalam menuliskan atau mengekspresikan pikiran dan perasaannya ke dalam bentuk tulisan. Gangguan disgrafia umumnya diderita anak ketika dia mulai belajar menulis tangan. Anak yang mengalami disgrafia tidak bisa menyusun kata-kata dengan baik dan tidak bisa mengkoordinasikan motorik halusnya (tangan) untuk menulis. Dengan kata lain anak disgrafia adalah anak yang mengalami kesulitan dalam belajar menulis.

Disgrafia merupakan bagian dari anak berkebutuhan khusus (Children with special education need) namun bukan anak bodoh, anak malas belajar, anak nakal dan sebagainya. Anak-anak disgrafia sama dengan anak-anak normal lain, namun mengalami hambatan dalam mengungkapkannya ke dalam bentuk tulisan. Anak disgrafia walaupun mengalami gangguan dan hambatan dalam menulis, tetapi bisa saja normal dalam berbicara dan normal dalam kemampuan lainnya.


Pengertian Disgrafia

Tanda dan Gejala Disgrafia


Anak disgrafia ditandai dengan kesulitan dalam membuat huruf dan simbol matematis. Anak disgrafia juga ditandai dengan adanya gangguan dalam mengikuti satu atau lebih bentuk pengajaran menulis, seperti mendengarkan, berbicara, dan membaca. Di samping itu anak disgrafia ditandai juga dengan ketidakmampuan dalam mengeja, mengingat kosakata, dan menuliskannya ke dalam kertas.

Gejala gangguan disgrafia yang sering muncul menurut Julie Kendell dan Deanna Stefanyshyn adalah:
  • kemampuan verbal kuat tapi keterampilan menulis kurang,
  • banyak kesalahan tanda baca atau malah tidak menggunakan tanda baca sama sekali,
  • banyak melakukan kesalahan ejaan atau bisa juga terjadi tulisan terbalik,
  • terdapat inkonsistensi dalam penggunaan huruf besar dan huruf kecil,
  • ukuran huruf tidak teratur, bentuk berubah-ubah, besar kecil, tegak dan miring,
  • terjadi unfinished (penghilangan huruf atau kata),
  • terjadi ketidakkonsistenan dalam penggunaan halaman, spasi (antara kata), antara huruf, dan penggunaan margin,
  • ada kesalahan dalam memegang pensil,
  • berbicara dengan diri sendiri saat menulis, 
  • ketika menulis atau menyalin sangat lambat.

Penyebab Disgrafia

Penyebab disgrafia tidak diketahui secara pasti, namun apabila disgrafia terjadi secara tiba-tiba pada anak maupun orang dewasa, dapat diduga bahwa penyebabnya karena trauma kepala, baik disebabkan oleh kecelakaan, penyakit, atau lainnya. Penyebab yang paling umum adalah neurologis, yaitu adanya gangguan pada otak bagian kiri depan yang berhubungan dengan kemampuan membaca dan menulis. 

Dan mungkin juga karena gangguan neorologis, yaitu berupa kurangnya kecakapan koordinasi mata dan tangan untuk menulis huruf balok, menulis indah dan menulis bersambung, dan membuat gambar.

Penyebab disgrafia menurut para ahli

Beberapa faktor menyebabkan disgrafia, yaitu: a) gangguan motorik anak, b) gangguan perilaku yang dialami anak, c) gangguan persepsi pada anak, d) gangguan memori, e) gangguan tangan pada anak, f) gangguan anak pada saat memahami intruksi, dan g) gangguan kemampuan melaksanakan cross modal. (Lerner, 2000)

Kemungkinan ada kesalahan pada pembelajaran menulis permulaan, yaitu ketika pembelajaran menulis dengan tangan (handwriting), yaitu ketika belajar memegang pensil atau alat tulis. (Abdurrahman,1998). 

Kesulitan belajar menulis dengan tangan (handwriting), disebabkan oleh faktor (1) motorik, (2) perilaku ketika menulis, (3) persepsi, (4) memori atau ingatan, (5) kemampuan cross modal, (6) penggunaan tangan (kidal), dan (7) kelemahan dalam memahami instruksi. (Sunardi dan Sugiarmin, 2001).

Ilustrasi Gangguan Disgrafia Pada Anak 


Penanganan Disgrafia

Jika terdapat satu atau beberapa gejala tersebut, maka orang tua atau guru harus segera curiga “barangkali anak menderita disgrafia”. Guru perlu mengidentifikasi secara cermat atas semua gejala disgrafia yang muncul pada anak.

Dari identifikasi gejala tersebut guru dapat mempelajari, memilih, dan menetapkan strategi yang tepat untuk membantu anak dalam belajar menulis. Penanganan anak disgrafia secara dini akan lebih dapat membantu anak belajar menulis dan anak menjadi tidak frustasi.


Pengertian Disgrafia - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...