Jumat, 21 Oktober 2016

Pengertian Egaliter

Pengertian egaliter adalah persamaan derajat pada setiap manusia. Setiap manusia mempunyai derajat yang sama di hadapan Tuhan tanpa membedakan kedudukan, kekayaan, keturunan, suku, ras, golongan, dan sebagainya, melainkan karena sikap masing-masing individu. Secara etimologi atau menurut bahasa, kata egaliter berasal dari bahasa Perancis : Egal, egalite atau egalitaire, yang berarti sama, tidak ada perbedaan.

Istilah egaliter menjadi terkenal saat terjadi Revolusi Prancis yang mengakibatkan terciptanya Declaration des droits de l’homme et du Citoyen (Pernyataan Hak Hak Manusia dan Warga Negara) tahun 1789, dengan semboyan: Liberte, Egalite, Fraternite (Kemerdekaan, Persamaan, Persaudaraan) dimana akhirnya Hak Asasi Manusia (HAM) dicantumkan pada konstitusi Prancis.

Pengertian masyarakat Egaliter

Budaya Masyarakat Egaliter


Budaya masyarakat egaliter adalah sikap setiap orang pada kelompok manusia yang berbagi wilayah umum, dan telah mengorganisir diri untuk kelangsungan hidup dan melestarikan cara untuk hidup mandiri tanpa ada perbedaan derajat dan tingkat. Budaya masyarakat egaliter sejalan dengan nilai-nilai universal yang dijunjung tinggi oleh manusia yang beradab sesuai fitrahnya sebagai manusia. 

Masyarakat egaliter akan selalu bersikap berdiri sama tinggi duduk sama rendah, seiring sejalan, saling menghargai, saling mencintai, rela berkorban, bersifat demokratis dan dapat menikmati haknya sebagai masyarakat. Pemimpin egaliter adalah seorang pemimpin yang mampu mendudukkan dan memposisikan dirinya sebagai bagian dari rakyat dan tidak ada sekat antara pemimpin dan yang dipimpin.

 Egaliter dalam masyarakat bernegara adalah kesetaraan sosial di mana semua orang yang berada dalam suatu masyarakat atau kelompok tertentu memiliki status yang sama. Kesetaraan sosial untuk mendapatkan hak hukum, suara, berpendapat, pendidikan, berkumpul, keamanan yang sama, serta sama dalam kewajiban yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.


Pengertian Egaliter  - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...