Minggu, 14 Agustus 2016

Pengertian Suplemen Makanan

Pengertian Suplemen makanan adalah produk tambahan yang mengandung zat gizi dan non gizi dalam bentuk kapsul, tablet, bubuk, atau cairan yang berfungsi sebagai pelengkap kekurangan zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh guna menjaga vitalitas tubuh agar tetap prima. Suplemen makanan hanya pelengkap dan bukan pengganti (substitusi) makanan sehari-hari.

Suplemen makanan dapat berupa elemen-mineral, vitamin atau zat gizi lain seperti serat, asam amino, asam lemak maupun zat esensial lain. Beberapa suplemen memang mengandung bahan berkhasiat yang berasal dari alam, sehingga dalam keadaan tertentu pemberian suplemen memang dianjurkan.

Namun, banyak orang salah persepsi tentang suplemen. Mereka beranggapan suplemen adalah obat yang mampu menggantikan makanan pokok. Padahal menurut BPOM, suplemen tidak boleh diklaim mampu mencegah atau menyembuhkan penyakit tertentu akan tetapi hanya bisa mengurangi risiko terjadinya sesuatu akibat penyakit tersebut, bukan mengobati penyakitnya.

Pengertian Suplemen Makanan


Kebutuhan Suplemen Makanan 


Bila makanan yang kita makan sudah memenuhi prinsip empat sehat lima sempurna, maka penambahan suplemen tentu tidak dianjurkan, karena kebutuhan gizi sudah terpenuhi. Sebaliknya, jika kecukupan zat gizi kita tidak terpenuhi maka mengkonsumsi suplemen makanan patut dipertimbangkan.

Ada sebagian orang yang memiliki resiko kekurangan gizi yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti dalam keadaan sakit, ibu hamil atau menyusui, melakukan diet rendah kalori, para lansia atau pada orang yang mengalami gangguan penyerapan zat gizi seperti pecandu rokok atau alkohol.

Masyarakat seringkali tergiur oleh iklan di media massa yang cenderung mengajarkan hal yang salah. Digambarkan bahwa pengertian suplemen makanan adalah makanan pengganti dengan berbagai kandungan zat gizi yang dibutuhkan tubuh, ini tidak benar, suplemen hanya pelengkap. Apalagi jika disebutkan bahwa kalau tidak mengkonsumsi suplemen tersebut, orang akan jatuh sakit. Jadi, harus pandai memilih sesuai kebutuhan tubuh anda.

Sebagai makanan tambahan atau pelengkap makanan, suplemen makanan tentunya harus benar-benar dikonsumsi dalam kondisi dan indikasi yang tepat, sesuai kondisi tubuh seseorang.


Pengertian Suplemen Makanan - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...