Selasa, 31 Mei 2016

Pengertian Makalah dan Pokok Pembahasannya

Pengertian makalah adalah karya tulis ilmiah yang membahas suatu topik yang tercakup dalam ruang lingkup suatu permasalahan berdasarkan hasil kajian teori atau kajian lapangan. Makalah bukan merupakan rangkuman melainkan sebagai informasi jawaban tertulis dari pengujian atas beberapa pertanyaan yang dilakukan penulis untuk menunjukkan pemahaman isi dari berbagai sumber yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah.


Pengertian Makalah dan Pokok Pembahasannya


Dalam dunia pendidikan, pembuatan makalah merupakan laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah atau perguruan tinggi dari guru atau dosen sebagai persyaratan penilaian untuk menyelesaikan pelajaran atau mata kuliah, baik berupa kajian pustaka maupun hasil kegiatan lapangan.

Makalah juga dapat dibuat oleh penulis lain seperti pejabat pemerintahan, rektor, dosen, kepala sekolah, guru dan sebagainya, sebagai dasar pembahasan di seminar, simposium, dan lain-lain, yang disampaikan dalam bentuk argumentasi hasil penelitian dengan memasukkan asumsi dan hipotesis terhadap masalah yang diteliti.

Pokok Pembahasan Makalah


Penulisan makalah yang baik dan benar memiliki sedikit perbedaan dengan penulisan artikel umum karena sebuah makalah memiliki konsep dan karakteristik pengangkatan topik pembahasan masalah yang merupakan laporan pelaksanaan kegiatan penelitian di lapangan dengan melibatkan suatu kajian pustaka/literatur serta saran pemecahan masalah secara ilmiah.

Garis besar penyusunan makalah berisi tiga pokok pembahasan, yaitu:

A. Pendahuluan. Berisi tentang persoalan yang akan dibahas meliputi:
  1. Latar Belakang yaitu memberi penjelasan tentang manfaat dan pentingnya judul atau topik untuk dibahas.
  2. Ruang Lingkup yaitu memberi penjelasan tentang ruang lingkup permasalahan yang menjadi batasan masalah.
  3. Maksud dan Tujuan Penulisan yaitu memberi penjelasan tentang maksud penulisan makalah dan tujuan berisi tentang hal yang diinginkan sesuai dengan konteks permasalahan yang akan dibahas.

B. Pembahasan makalah. Berupa uraian yang relevan dengan ruang lingkup masalah, yang meliputi:
  1. Membahas singkat teori pendukung berdasarkan kajian pustaka atau bahan referensi yang resmi.
  2. Pada dasarnya uraian adalah untuk membahas permasalahan dengan alternatif pemecahan masalah yang dikaji yang dapat dibantu dengan faktor pendukung dan penghambat.

C. Penutup. Berisi penegasan inti makalah yang dirumuskan dengan jelas, singkat, dan tegas yang meliputi:
  1. Kesimpulan yang berisi jawaban dan permasalahan dalam bentuk ikhtisar permasalahan.
  2. Saran yang merupakan usul atau pendapat dari penulis yang mengacu pada materi pembahasan.
Selain tiga pokok pembahasan utama pembuatan makalah, terdapat juga beberapa penunjang makalah, seperti:
  • Lembar Judul
  • Lembar Pengesahan
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Daftar Gambar; tabel (jika ada)
  • Daftar Pustaka
  • Lampiran-lampiran
Pembuatan makalah juga memiliki kerangka makalah yang harus mengikuti ketentuan atau aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh lembaga yang terkait, karena definisi kerangka penulisan makalah belum memiliki ketentuan yang baku sehingga terdapat perbedaan kerangka antara satu institusi dengan institusi lainnya. Referensi Kerangka Umum Pembuatan Makalah


Pengertian Makalah - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...