Senin, 02 Mei 2016

Pengertian Artikel

Pengertian artikel adalah tulisan atau karangan yang membahas pokok masalah secara objektif  untuk menyampaikan gagasan atau fakta dengan tujuan meyakinkan, membujuk, menghibur pembaca. Pada tahun 1950-an pengertian artikel tidak jauh berbeda dengan dengan opini, esai, feature, interpretative, news, straight news, sport news atau hard news. Di Amerika dan Eropa, pada waktu itu menyebut bahwa setiap tulisan dalam media cetak disebut artikel.


Pengertian Artikel


Pengertian artikel menurut beberapa sumber

Pada saat ini, pengertian artikel menjadi semakin terfokus dan banyak ahli yang mendefinisikan arti artikel. 
  • Pengertian artikel adalah karangan prosa dalam media masa yang membahas pokok masalah secara lugas. Dari segi bentuk tak berbeda dengan esai namun ia bukan esai karena sifatnya tidak pribadi dan cakupannya sangat luas. Terlebih artikel tidak terlalu memperhatikan keindahan bahasa dan bentuk. Panjangnya bervariasi, dimaksudkan untuk menyampaikan gagasan atau fakta dengan tujuan meyakinkan, membujuk, menghibur pembaca. Yang penting dalam artikel adalah isi yang benar dan aktual, susunannya rapi, dan hemat dengan kata-kata. - Ensiklopedia Pers Indonesia (Gramedia, 1991:14) dan ensiklopedia Indonesia (Ichtiar Baru, 1984:273)
  • Pengertian artikel dalam bahasa Indonesia adalah karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya. -  Kamus Besar Bahasa Indonesia (1988:49) 
  • Definisi Artikel mula-mula berasal dari bahasa inggris abad ke tiga belas dalam Clause of The Apostles dengan arti yang sama dalam Tiga Puluh Sembilan Artikel yang termasuk dalam doa gereja inggris. Pada abad ke empat belas, artikel berarti saat atau kejadian yang tepat pada waktunya sebagaimana yang terdapat dalam The Article of Temptation dan The Article of Necessity. Sedangkan pada abad ke lima belas artikel sering kali digunakan dalam hal perniagaan dan perdagangan. Pada konteks inilah seorang Shakespeare dalam Hamlet (1602) mengatakan bahwa gagasan adalah jiwa dari artikel. - Andrian Room dalam Dictionary of ChangesMeaning(London, 198:28)
  • Artikel adalah bagian tulisan non fiksi yang berbentuk bebas, bagian dari penerbitan seperti laporan dan esai. - The America Heritage Desk Dictionary (Boston, 1981:59)
  • Artikel adalah sebuah tulisan prosa non fiksi, berbentuk biasa, bagian bebas dari sebuah majalah, koran, dan lain-lain. - Longman Pitman Office Dictionary (1989:41)
  • Artikel adalah tulisan lengkap dalam surat kabar, majalah, dan sebagainya. - Essential English Dictionary (London, 1989:39)
  • Artikel adalah karangan, catatan, kritik, manifes, reportase, putusan, pelajaran, survey. - Webster’s Collegiate Thesaurus (Massachusets-USA, 1988:47)
  • Artikel adalah tulisan non fiksi, biasanya singkat dan lengkap seperti berita karangan khas dalam surat kabar, majalah. - Webster’s New World Dictionary (New York, 1990:26)
  • Pengertian artikel adalah sebuah tulisan yang ditulis untuk dipublikasikan dalam surat kabar atau majalah. Penguin English Student Dictionary (1991:31)
  • Arti artikel adalah karangan tertulis yang panjangnya tak tentu bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud meyakinkan, mendidik atau menghibur. - Rillan E. Wolseley dalam understanding Magazines (Iowa, 1969:439)

Dalam teknik penulisan feature (Gramedia, 1994) Andi Baso Mappatoto (dengan mengutip pendapat Malvin L. DeFleur, Stephen Engleberg, dan Geordie Greig) merumuskan pengertian artikel sebagai:
  • karya tulis lengkap dalam majalah, surat kabar, dan sebagainya
  • tulisan non fiksi, biasanya singkat dan lengkap, seperti berita dan karangan khas dalam surat kabar atau majalah.
  • karangan tertulis yang panjangnya tak tentu bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta dengan maksud untuk meyakinkan, mendidik, atau menghibur.

Pengertian Artikel - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...