Minggu, 03 April 2016

Pengertian Kanal

Pengertian kanal adalah saluran atau bisa berarti terusan. Kanal dalam bahasa Inggris canal, channel memiliki pengertian jalur air buatan yang dibangun untuk memungkinkan lewatnya kapal atau untuk saluran air (irigasi).

Pengertian Kanal
Terusan Panama
Pengertian kanal sebagai jalur kapal (terusan kapal) adalah jalur transportasi yang digunakan untuk angkutan barang dan orang di sungai, laut atau danau yang berguna untuk mempercepat tujuan pelayaran kapal, jalur antara dua buah laut yang tertutup oleh daratan dan sebagai jalur ke laut bagi daerah yang berada jauh di daratan.

Contoh Terusan kapal yang paling terkenal adalah Terusan Laut Putih-Baltik di Rusia, panjang 141 mil (227 km), dibuka pada 1933 dan Terusan Suez di Mesir, panjang 100 mil (160 km), dibuka pada 1869, menghubungkan Laut Tengah ke Laut Merah.

Pengertian kanal sebagai saluran air adalah jalur yang dibuat manusia untuk mengarahkan dan mengalirkan air yang berguna untuk irigasi, penahan banjir dan pemasok air ke tempat tertentu.

Contoh kanal air, irigasi sawah di beberapa wilayah Jawa yang bersumber dari waduk, kanal banjir timur dan barat yang ada di Jakarta.

Saat ini istilah kanal bukan hanya digunakan pada saluran air saja, namun sudah berkembang ke bidang lain seperti kanal berita termasuk nama blog ini Kanal Informasi yang berarti saluran informasi yang disajikan secara online lewat sebuah blog. Ada juga Kanal Pengetahuan.


.

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...