Rabu, 17 Februari 2016

Sifat Pekerja Yang Efektif

Kalimat positif yang membuka mata kita bahwa pemimpin dan bawahan merupakan sama-sama pekerja dalam kemitraan, yang memiliki kedudukan sama kuat. Kesuksesan hanya dapat dicapai melalui kerjasama dinamis antara keduanya.

Sifat Pekerja Yang Efektif


Robert E. Kelley dalam artikelnya di Harvard Business Review “In Praise of Followers” (1988), mengatakan ada empat kualitas utama dari pekerja yang efektif, yaitu

1. Mengelola dirinya sendiri dengan baik.

Kunci bekerja efektif sebagai pengikut adalah kemampuan mandiri dalam berpikir, dan dapat menempatkan dirinya sejajar dengan pemimpin. Untuk dapat sejajar diperlukan pengetahuan dan ketrampilan yang sepadan

2. Meneguhkan diri mencapai tingkat yang lebih tinggi 

Mereka bekerja memajukan organisasi dan menggunakan prinsip serta tata nilai berkepribadian kuat. Ketika mereka menjumpai tata nilai dan prinsip tak lagi sejalan, mereka menarik dukungannya atau mencari oirganisasi lainnya.

3. Menguatkan dirinya

Mereka adalah orang-orang dengan standar tinggi pada kinerja dan terus belajar mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya. Mereka memajukan dirinya dibuktikan dengan senang hati melakukan pekerjaan dan tanggung jawab yang meningkat.

4. Mereka berani mengambil risiko 

Mereka jujur, tinggi kredibilitasnya dan berani mengatakan yang sesungguhnya. Mereka berani menyatakan dirinya salah dan memohon maaf serta memperbaiki kesalahan. Mereka mempunyai nurani bersih, selalu memberikan informasi apa adanya agar rekan kerja dan pemimpin dapat mengambil keputusan yang layak.

Organisasi, maju atau gagal, ditentukan oleh para pekerja yang menjalin kerjasama dengan pengetahuan dan ketrampilan yang setara. Nurani, kejujuran, tata nilai dan kepribadian kuat menjadi landasan kerjasama kemitraan. Tak ada orang yang dapat maju sendiri, ia memerlukan lingkungan yang bekerjasama untuk maju.

Sifat Pekerja Yang Efektif - Kanal Informasi


0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...