Jumat, 19 Februari 2016

Penularan Infeksi Mata Merah (Konjungtivitis)

Mata merah yang bukan disebabkan oleh iritasi, debu, lelah mata atau lainnya merupakan infeksi mata atau konjungtivitis. Gejalanya pada mata yang terinfeksi adalah: Kemerahan dan inflamasi (pembengkakan) pada bagian putih mata; Rasa tidak nyaman di bola mata; Bengkak dan gatal pada kelopak mata serta keluar cairan mata yang kekuningan dan kental atau cairan bening berair

Cairan mata ini mengering pada saat tidur sehingga meninggalkan krusta (keropeng) disekitar bulu mata, kelopak mata bahkan membuat kesulitan untuk membuka kelopak mata. Mata yang bengkak dan merah seperti ini terlihat mengkhawatirkan tapi penyakit ini jarang yang berat.

Infeksi Mata Merah (Konjungtivitis)


Penyebab konjungtivitis atau infeksi mata merah 


  • Konjungtivitis bakteri. Disebabkan oleh berbagai bakteri seperti strafikokok, strepkokok, neisseria gonera dan lainlain. 
  • Konjungtivitis viral yang disebabkan oleh virus misalnya herpes simpleks, herpes zooster dan lain-lain . 
  • konjungtivitis alergi. Radang konjungtiva akibat reaksi alergi 
  • konjungtivitis sika. Radang konjungtiva karena keadaan keringnya permukan konjungtiva akibat berkurangnya sekresi kelenjar air mata.
Konjungtivitis bakteri dan virus adalah jenis yang paling mudah terjadi penularan yaitu melalui ‘hand to eye contact’ (dari tangan ke mata). Cairan mata yang infeksius dan tangan yang terkontaminasi bakteri/ virus adalah media yang paling efektif untuk penyebarannya. Melalui benda/ permukaan yang dipegang dapat dipindahkan ke tangan orang yang belum terinfeksi kemudian ke mata orang tersebut, sehingga terjangkit.

Jadi penularan Infeksi Mata Merah atau Konjungtivitis tidak benar hanya melalui kontak mata saja, perlu media perantara yaitu tangan dan benda yang digunakan. Karena itu pencegahan penyebaran konjungtivitis antara lain dapat dilakukan dengan : 
  1. Cucilah tangan setelah menyentuh mata yang terinfeksi bagi penderita. Dan bagi yang sehat mencuci tangan untuk mengurangi kemungkinan tangannya terkontaminasi. 
  2. Hindari menggunakan alat-alat bersama seperti handuk, pakaian, alat tulis dan lain-lain. 
Pengobatan dibutuhkan waktu 3-5 hari. Bila tidak memberikan hasil, pengobatan dihentikan kemudian dilakukan pemeriksaan sediaan langsung untuk mengetahui kuman penyebab dan diuji sensitivitas atau konsultasi dengan ahlinya.

Sumber:  dr. Maya C.L.M

Infeksi Mata Merah (Konjungtivitis) - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...