Minggu, 21 Februari 2016

Makna Di Balik Puasa

Puasa Ramadhan bagi umat Islam adalah kewajiban. Banyak makna di balik puasa yang mungkin tidak semua orang mengerti. Puasa memberi keuntungan pemeliharaan kesehatan fisik yakni dengan membuat organ tubuh bekerja secara teratur dan disiplin diri mengurutkan kegiatan. Puasa juga membawa diri kearah kematangan kepribadian melalui pengendalian diri dari letupan emosional menjadi jeda dalam bertindak. Jeda waktu memungkinkan orang berpikir dan menimbang, apa yang layak dan tidak layak dilakukan.

Makna Di Balik Puasa


Ketika kewajiban ini datang, setiap insan mengistimewakan badannya, dan juga pikiran serta hasratnya, menuju suatu perjuangan mengalahkan berbagai hawa nafsu. Nafsu biologi, suatu sisi penting untuk mempertahankan kehidupan dan kesinambungan keberadaan manusia di muka bumi, yang juga mempunyai sisi keji menyingkirkan serta memusnahkan pesaing.

Melatih pengendalian nafsu ini mulai diajarkan dan dicontohkan sejak seseorang masih kanak-kanak, dari sebuah filosofi sederhana: untuk mencapai kesenangan kita - laluilah lapar dan dahaga, sampai filosofi makin mendewasakan: untuk menuju kematangan diri - perlu mengendalikan gejolak manusiawi.

Puasa mempunyai keuntungan fisik dan spiritual, dimana manusia selalu berkeinginan berhasil dalam aspek apapun dalam kehidupannya, baik fisik maupun mental. Sukses manusia tidak sama dengan makhluk lain, karena itu nafsu manusia ditata dalam organisasi yang lebih rapi dibanding makhluk lain. Mengingat kompleksnya tatanan maka pelatihan bertahap adalah jalan keluar yang rasional. Artinya pelatihan untuk menjadi manusia yang tertata mental emosional dan kesehatan fisiknya memerlukan pentahapan, bukan suatu perubahan revolusioner.

Puasa, dan ini juga bertahap sejak usia kanak, merupakan cara efektif membuat manusia tertata dalam tempat benar di masyarakatnya. Bersosialisasi dan membantu kehidupan mereka yang membutuhkan yang dijalani selama Ramadhan, semoga dapat dijadikan pembiasaan live with and for others. Mari meningkatkan diri menjadi individu yang matang kepribadian dengan menjalankan puasa sesuai syariat Islam.


Makna Di Balik Puasa - Kanal Informasi

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...