Sabtu, 16 Januari 2016

Pengertian Eco Drive

Eco Drive merupakan sebuah konsep mengemudi dengan lebih cerdas. Eco driving merupakan budaya mengemudi baru dengan dukungan penggunaan teknologi canggih pada kendaraan untuk meningkatkan keselamatan di jalan.


Pengertian dari kata Eco dapat berarti Economic (hemat) atau bisa berarti Ecology (ramah lingkungan). Dengan demikian pengertian eco drive adalah teknik mengemudikan kendaraan yang dapat menaikkan tingkat keselamatan, dapat menghemat bahan bakar dan mengurangi polusi.

Pengertian Eco Drive

Manfaat Eco Drive


Hemat Bahan Bakar. Menjaga kecepatan kendaraan secara konstan adalah salah satu cara untuk menghemat pemakaian bahan bakar dan metode tersebut salah satu syarat pada saat mengaplikasikan Eco Drive.

Aman. Resiko terjadi kecelakaan fatal lebih kecil pada saat berkendara karena pada prinsipnya berkendara Eco Drive mempertahankan kecepatan kendaraan tidak lebih dari 100 km/jam dan selalu dalam posisi jarak aman.

Mesin Lebih Awet. Karena Eco Drive mensyaratkan putaran mesin berkisar antara 2000 - 2500 rpm sehingga kerja mesin tidak terlalu berat.

Ramah Lingkungan. Putaran mesin 2000 - 2500 rpm adalah putaran yang ideal untuk sebuah mesin kendaraan karena pada putaran tersebut campuran udara dan bahan bakar akan menghasilkan pembakaran yang sempurna sehingga menurunkan emisi gas buang.

Tidak Mudah Lelah. Eco Drive dituntut berkendara tidak agresif atau kebut-kebutan melainkan santai dan rileks sehingga tidak banyak tenaga yang dikeluarkan pengemudi.

Tips Mengemudi Eco drive 

Saat ini banyak kendaraan yang memiliki aplikasi perilaku berkendara eco drive. Dalam kondisi standar, kendaraan Nissan, mobil terbaik pilihan keluarga Indonesia telah dilengkapi indikator eco driving. Namun kesemuanya tergantung pengemudi. Berikut beberapa tips mengemudi dengan konsep eco drive:
  1. Saat menghidupkan mesin pertama kali tidak dianjurkan memanaskan mesin terlalu lama karena bahan bakar terbuang percuma.
  2. Memindahkan posisi transmisi atau mengoper persneling  secepat mungkin
  3. Pertahankan kecepatan kendaraan pada putaran ekonomis
  4. Menghindari pengereman mendadak serta akselerasi yang tidak perlu
  5. Mengantisipasi keadaan arus lalu lintas
  6. Matikan mesin jika berhenti dalam waktu yang cukup lama

Pengertian Eco Drive - Kanal Informasi


0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...