Pengertian Rem Kendaraan dan Fungsinya

Rem Kendaraan

Pengertian rem secara umum adalah suatu sistem yang bekerja untuk memperlambat atau menghentikan suatu perputaran, misalkan perputaran roda kendaraan. Prinsip kerja sistem rem kendaraan adalah mengubah tenaga kinetik menjadi panas dengan cara menggesekan dua buah logam pada benda yang berputar sehingga putarannya akan melambat, dengan demikian laju perputaran roda kendaraan menjadi pelan atau berhenti dikarenakan adanya kerja rem.

Sistem rem pada kendaraan merupakan suatu komponen penting sebagai keamanan dalam berkendara, tidak berfungsinya rem dapat menimbulkan bahaya dan keamanan berkendara jadi terganggu.

Oleh sebab itu komponen rem yang bergesekan ini harus tahan terhadap gesekan (tidak mudah aus), tahan panas dan tidak mudah berubah bentuk pada saat bekerja dalam suhu tinggi.

Fungsi Dan Jenis Rem Kendaraan

Beberapa fungsi rem:

  • Untuk memperlambat kecepatan atau menghentikan gerakan roda kendaraan.
  • Mengatur kecepatan selama berkendara.
  • Untuk menahan kendaraan saat parkir dan berhenti pada jalan yang menurun atau menanjak.

Jenis rem

  1. Rem Cakram (Disk Brake) dengan prinsip kerjanya adalah sepasang pad yang tidak berputar menjepit rotor piringan yang berputar menggunakan tekanan hidrolis, menyebabkan terjadinya gesekan yang dapat memperlambat atau menghentikan kendaraan.
  2. Rem Tromol (Drum Brake) bekerja dengan menggunakan sepasang sepatu yang menahan bagian dalam dari tromol yang berputar bersama-sama dengan roda, baik secara hidrolis maupun mekanis.

Komponen-komponen rem yang umum:

  • Backing plate
  • Silinder penyetel sepatu rem
  • Sepatu rem
  • Pegas pembalik
  • Kampas rem
  • Silinder roda
  • Drum rem

Cara Kerja Rem

Pengoperasian rem pada dasarnya adalah sebagai berikut: ketika kita menekan pedal rem, pompa hidrolik diaktifkan yang menggerakkan minyak rem ke kaliper rem. Tekanan fluida menyebabkan piston mendorong bantalan. Bantalan ini bergesekan dengan cakram rem, di mana energi kinetik diubah menjadi panas yang hilang, dan dengan demikian kendaraan secara keseluruhan melambat secara progresif.

Dari sini kita dapat mengetahui beberapa masalah yang dapat kita temukan dengan rem: bahwa bantalan yang aus dan panas berlebihan yang dihasilkan oleh gesekan akan menyebabkan kekurangan daya cengkeraman dalam pengereman.

Elemen yang terlibat dalam pengereman

Proses pengereman tidak hanya terbatas pada sistem hidrolik yang mentransmisikan gaya yang kita berikan pada pedal dan mengubahnya menjadi tekanan pada cakram, gesekan, dan pembuangan panas. Ada elemen lain yang terlibat dalam pengereman yaitu: ban dan suspensi.

Ban (roda)

Keseimbangan dan kelarasan (balancing spooring) roda yang tepat, kondisi ban yang baik, tekanan yang tepat, dan juga kualitasnya, akan menentukan dalam menjamin pengereman yang baik. Faktanya, tidak peduli berapa banyak daya pengereman yang dimiliki, jika ban tidak mampu memenuhi permintaan rem, maka kendaraan tidak akan merespons keinginan untuk mengerem secara memadai.

Suspensi

Suspensi adalah elemen kendaraan yang menjaga roda tetap bersentuhan dengan jalan. Jika suspensi tidak mampu menyerap ketidakteraturan medan jalan dengan benar, ban mungkin tidak bersentuhan penuh dengan jalan, yang kemudian bisa menyebabkan efektivitas pengereman terganggu. Oleh karena itu suspensi yang tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau penurunan maka rem bisa bekerja maksimal.

Dengan kata lain, rem kendaraan akan mengerem dengan benar jika sistem pengereman dan suspensi serta ban bekerja dengan baik.

Perawatan Rem

Rem yang merupakan sistem pengendalian kendaraan, maka perangkat rem harus mendapat perhatian lebih. Perawatan rutin harus tetap dijalankan untuk memaksimalkan kerjanya.

Idealnya perangkat rem perlu dicek setiap kendaraan menempuh jarak 10.000 km. Ini untuk memastikan apakah komponen-komponennya masih dalam kondisi sempurna.

Selain itu, pembongkaran juga perlu untuk membersihkan dari penumpukan debu di bagian kanvas, teromol, dan cakram. Debu berpotensi menyebabkan goresan pada piringan atau tromol tergores.

Video animasi bongkar pasang rem tromol

Rem pada kendaraan merupakan suatu komponen penting sebagai keamanan dalam berkendara

 

Pengertian Rem dan Fungsinya – Kanal Pengetahuan

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

1 Comment

  1. itulah salah satu kehebatan motor honda, rem nya selalu pakem..hehehe, remmm remmm remmm….. ada kucing lewatt…hehehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *