Jumat, 23 Oktober 2015

Pengertian Diplomasi

Pengertian Diplomasi secara umum adalah mengelola suatu urusan untuk kepentingan tertentu melalui wakilnya. Biasanya diplomasi erat kaitannya dengan negara sebagai salah satu instrumen penting dalam pelaksanaan politik luar negeri. Diplomasi dilakukan untuk menjalin, mempererat, dan meningkatkan hubungan antara suatu negara dengan negara lain guna mencapai kepentingan bersama, dengan cara mengutus seorang diplomat yang menguasai banyak hal terkait dengan pemerintah/negara lain sebagai wakilnya.

Pengertian Diplomasi


Beberapa pengertian Diplomasi menurut ahli 


Para ahli dibidang diplomasi memberikan arti beragam untuk kata diplomasi. Berikut sejumlah definisi diplomasi:
  1. Diplomasi adalah istilah yang dipergunakan sejak dulu bagi sebuah bagi sebuah cabang ataupun disiplin ilmu mengenai hubungan luar negeri berdasarkan yang tertera dalam diploma ( dokumen- dokumen ) tertulis dari raja (Flassan).
  2. Diplomasi adalah ilmu mengenai hubungan luar negeri mengenai masalah- masalah antarnegara, dan lebih merupakan ilmu atau seni berunding ( Martens ).
  3. Diplomasi adalah ilmu mengenai hubungan- hubungan sserta kepentingan- kepentingan dari negara- negara atau seni untuk mendamaikan/ mempertemukan perbedaan- perbedaan gagasan antar bangsa, secara lebih khusus lagi diplomasi adalah seni berunding. ( Garde )
  4. Diplomasi adalah pemanfaatan seluruh pengetahuan dan prinsip- prinsip yang diperlukan untuk melaksanakan serta mengelola aneka urusan resmi antar negara (de Cussy) 
  5. Diplomasi merupakan ilmu mengenai aneka hubungan antar berbagai negara yang tercipta sebagai hasil timbal balik kepentingan- kepentingan, dari prinsip- prinsip hukum antar negara dan ketentuan- ketentuan yang dicantumkan dalam traktat- traktat ataupun persetujuan- persetujuan internasional (Calvo)
  6. Diplomasi mencakup seluruh sistem kepentingan yang tercipta dari hubungan- hubungan antarnegara; tujuannya adalah menjamin keamanannya, keharmonisannya, memelihara martabat serta kehornmatan mg- mg dan tujuan langsungnya adalah memelihara perdamaian serta keharmonisan yang lestari antara beberapa kekuasaan. (Garden)
  7. Diplomasi lebih banyak merujuk pada seni berunding untuk mencapai persetujuan mengenai berbagai kepentingan antarbangsa daripada keterampilan mengarsipkan dokumen negara. 

Pengertian diplomasi dapat disimpulkan yaitu perpaduan antara ilmu dan seni perundingan atau metode untuk menyampaikan pesan melalui perundingan guna mencapai tujuan dan kepentingan negara yang menyangkut bidang politik, ekonomi, perdagangan, sosial, budaya, pertahanan, militer, dan berbagai kepentingan lain dalam bingkai hubungan internasional. 

Inti diplomasi adalah kesediaan untuk saling memberi dan menerima guna mencapai saling pengertian antara dua negara, tiga negara, atau banyak negara. Biasanya dilakukan secara resmi antar pemerintah negara namun, bisa juga secara tidak resmi melalui antarlembaga informal atau antarpenduduk atau antarkomunitas dari negara yang berbeda. Idealnya, diplomasi haruslah memberikan hasil berupa pengertian lebih baik atau persetujuan tentang suatu masalah yang dirundingkan.

Pengertian Diplomasi - Kanal Informasi

3 komentar:

  1. berdiplomat adalah cara menampilkan dri berkualitas., ^^

    BalasHapus
  2. Kang, Bukan nyepam, tapi numpang buat BL...hehhehe..
    Diplomasi sama dengan berunding. Karena karena sifatnya tidak genting maka di obrolin santai saja, agar kesannya resmi, maka di sebut Diplomasi. heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengertian diplomasi menurut ahli, saya cuma merangkum dan menyebarkan. hehehe..

      Hapus

Blogger nggak suka spammer...