Rabu, 16 September 2015

UT Menyelenggarakan Kursus Online Gratis Bersertifikat

UT (Universitas Terbuka) Indonesia memberikan kesempatan kepada masyarakat luas untuk mengikuti kursus online terbuka secara gratis. Kursus ini menggunakan metode belajar e-learning, Massive Open Online Courses (MOOCs) serta akan mengeluarkan sertifikat bagi pengikutnya. UT menawarkan lima mata kuliah terbuka online antara lain public speaking, manajemen pemasaran, pendidikan jarak jauh, aneka pengolahan pangan dan belajar bahasa Inggris untuk anak-anak.


Pendaftaran baru masih dibuka hingga 30 September 2015 dan yang terpenting, untuk mengikuti kursus online ini, masyarakat tidak perlu membayar dan menjadi mahasiswa Univesitas Terbuka terlebih dulu untuk belajar. Waktu belajar selama dua bulan dan setelah itu diberikan sertifikat. Berbeda dengan kursus online bersertifikat di Indonesia yang diadakan oleh SekolahPintar.com.


Universitas Terbuka - UT Indonesia


Kursus Online Gratis Bersertifikat Oleh Univesitas Terbuka


Saat ini perkembangan dan inovasi teknologi internet sangat mendukung perkembangan sistem perkuliahan yang kini diterapkan oleh Univesitas Terbuka dengan menyelenggarakan Kursus Online Gratis Bersertifikat. Jumlah mahasiswa yang memanfaatkan metode kuliah dengan belajar jarak jauh dengan online semakin meningkat ini, walaupun tidak sedikit mahasiswa yang sampai saat ini juga masih memilih metode tatap muka.

Program Sertifikat Terbuka Online didedikasikan kepada seluruh masyarakat untuk mendapatkan pengalaman pembelajaran online. Penawaran Program Sertifikat Terbuka Online ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dosen UT yang juga ditujukan untuk mewujudkan salah satu misi UT guna membangun budaya masyarakat belajar sepanjang hayat (lifelong learning) pada era digital saat ini dan masa depan.

Program Sertifikat Terbuka Kursus Online dapat diikuti seluruh masyarakat yang menginginkan untuk menambah pengetahuan dan kompetensi secara GRATIS. Program ini ditawarkan setiap semester. Anda mendapatkan Sertifikat apabila telah menyelesaikan program ini secara lengkap dan mendapatkan nilai yang memuaskan

Selain meluncurkan kuliah terbuka online, saat ini Univesitas Terbuka juga telah memiliki program magister online dan pemanfaatan layanan UT berbasis teknologi cloud bagi para mahasiswanya. Saat ini jumlah mahasiswa UT se-Indonesia tercatat ada sekitar 450.000 orang yang mengambil mata kuliah dari jumlah seluruhnya sekitar 550.000 orang yang aktif. Namun jika dihitung total yang terdaftar ada sekitar 2 juta.

Selama ini, Univesitas Terbuka (UT) menjadi satu perguruan tinggi negeri yang semakin dipilih salah satunya karena pembelajaran yang bisa ditempuh sambil bekerja, lantaran mahasiswa UT sebagian waktu belajarnya bisa mengaturnya secara mandiri. Kelebihan UT dibandingkan universitas seperti biasa di antaranya tidak ada pembatasan waktu penyelesaian studi, tidak ada sistem drop out, dan fleksibilitas dalam hal pembelajaran, baik ruang, waktu, dan tempat belajar di mana pun mahasiswa tinggal. Untuk melayani mahasiswa di berbagai daerah, UT memiliki unit program belajar jarak jauh (UPBJJ) yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. 

Info lebih lanjut: http://moocs.ut.ac.id/

0 komentar

Poskan Komentar

Blogger nggak suka spammer...