Minggu, 27 September 2015

Perlunya Membaca Cepat - Pengantar

Saat ini kita berada dalam kondisi Information Overloaded yang artinya informasi yang ada saat ini lebih banyak dari yang dibutuhkan. Membaca, entah itu dari buku, majalah, koran sampai dengan artikel website, merupakan salah satu elemen penting untuk membuka wawasan, mengembangkan pengetahuan, dan terus mengasah ilmu. Dengan kata lain, membaca adalah sebuah kegiatan dalam mengambil informasi.

Membaca cepat bisa menjadi cara untuk menyiasati keterbatasan waktu mengambil informasi dari beberapa sumber. Akan tetapi membaca cepat bukan hanya sekedar membolak-balik halaman buku dengan cepat, namun sejauh mana kita dapat menangkap isi yang tertulis di dalamnya. Sedemikian banyaknya informasi yang ada, tanpa dibarengi sebuah teknik membaca yang cepat dan tepat, semakin jauh jangkauan informasi yang ada.

Perlunya Membaca Cepat


Perlunya Membaca Cepat


Menurut beberapa sumber penelitian, kecepatan membaca orang dewasa rata-rata 250-300 kata per menit. Kurang lebih sama dengan 3 paragraf per menitnya. Dengan kecepatan membaca seperti itu, Orang dewasa membutuhkan waktu empat menit untuk menyelesaikan satu halaman dan dua puluh jam untuk menyelesaikan buku setebal tiga ratus halaman. 

Misalkan saja Anda punya waktu satu jam setiap hari untuk duduk diam dan membaca. Anda akan butuh waktu dua puluh hari untuk menyelesaikan sebuah buku.Nyaris tidak jauh berbeda dengan anak sekolah dasar yang memiliki kecepatan membaca rata-rata 200 kata per menit.

Renald Khasali seorang pakar marketing Indonesia mampu membaca 10 buku dalam sehari. Buya Hamka bukan hanya sekedar kutu buku akan tetapi sudah menjadi rayap buku saking banyaknya buku yang dimiliki dan dibaca. Mungkin banyak yang bertanya, bagaimana hal tersebut bisa dilakukan? Karena beliau memiliki kemampuan membaca cepat yang benar.


Teknik membaca cepat

Dalam membaca cepat dikenal teknik skimming yaitu melakukan pembacaan cepat dalam suatu bahan bacaan secara umum. Dalam skimming, proses membaca dilakukan secara melompat-lompat dengan melihat pokok-pokok pikiran utama dalam bahan bacaan tersebut sambil memahami tema besarnya. Selain itu ada teknik scanning yaitu mencari satu jenis informasi tertentu dalam bahan bacaan.

Membaca cepat sangat diperlukan untuk dapat mengikuti informasi yang semakin bertambah dan terus bertambah. Kita harus belajar bagaimana cara membaca dengan cepat dan tepat. Banyak buku yang membahas masalah ini, bahkan kursus online cara membaca cepat pun sudah ada. Tinggal kita mau atau tidak untuk mempelajari.

Jika mau, silahkan baca Teknik Pengujian Membaca Cepat untuk menguji sejauh mana tingkat kecepatan membaca kamu.
Orang yang suka membaca bisa menjadi seorang penulis yang handal karena informasi yang banyak cepat terserap dengan baik. Ini berkat banyak kosa kata dan pemahaman yang cepat pada saat melakukan membaca.

1 komentar:

Blogger nggak suka spammer...