Jumat, 11 September 2015

Blogspot.com kembali lagi menjadi blogspot.co.id

Tanggal 8 September 2015 kemarin blogspot.co.id berubah lagi menjadi blogspot.com untuk negara Indonesia. Awalnya perubahan menjadi domain negara blogspot.co.id telah dilakukan blogger.com pada 3 September 2015, namun setelah terjadi redirect tersebut, ada masalah terutama bagi publisher iklan adsense hosted (blogger) karena iklan tidak tampil jika diakses menggunakan domain co.id.

Kemungkinan terjadi bugs atau masih ada kendala, 5 hari kemudian dikembalikan ke domain semula yaitu blogspot.com. Entah sudah fix atau dianggap sudah benar maka saat ini 11 september 2015 kembali blogspot.com berubah menjadi blogspot.co.id seperti awal, dan kali ini iklan adsense sudah bisa tampil tanpa harus memasang script redirect.

Blogspot.com kembali lagi menjadi blogspot.co.id

Bagi saya pribadi, sebenarnya tidak ada masalah terhadap perubahan ini karena saya tidak memasang iklan adsense di blog ini atau blog lain yang menggunakan blogspot. Justru harapan saya, lebih baik menggunakan blogspot.co.id karena blog memang ditujukan kepada pengunjung Indonesia.

Yang sedikit membuat saya sedikit panik adalah artikel yang telah didaftarkan ke kontes, seperti BINUS University dan Sekolah di Summarecon Bekasi awalnya menggunakan .com akhirnya saya daftar lagi memakai co.id dan sekarang berubah lagi. Mengingat url yang didaftarkan harus sama. Kalau untuk Belanja di elevenia gratis voucher 1 juta nggak jadi karena pakai blog lain.

Selain itu, dengan adanya blogspot.co.id akan menambah bakclink dari sub domain yang berbeda, mengingat blogspot dapat berubah menjadi subdomain negara. Ini ada bukti bahwa blog kanalku mendapat backlink berbeda dari sub domain blogspot:

Blogspot.com kembali lagi menjadi blogspot.co.id

Sebenarnya, untuk blogspot.co.id sudah masuk menjadi backlink, di blog saya yang lain.

Semoga blogspot sudah stabil seperti halnya penggunaan domain di beberapa negara.

8 komentar:

  1. Backlink yang sudah Kita tanem pake subdomain blogspot co.id akan secara otomatis redirct ke blogspot com gan, jadi kagak usah kawatir seperti blog-blog Ane tetap jadi jawara Google

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah harus belajar banyak kepada mastah yang satu ini...

      Hapus
  2. Iya nasib pakai blogspot itu Kang, proyek ecommars saya di pos indonesia hancur jatuh kelaut, padahal DA sama PA dulu udah skitar 68 an . mana optimasi pake byk blogspot :D ilang dah tinggal sisa 40an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sementara taut situs masih menggunakan blogspot.com nggak tahu akan berubah juga ke blogspot.co.id apa tidak :)

      Hapus
  3. Wah untung saya nggak pake Blogspot, jadi nggak kuatir deh soal perubahan URL

    BalasHapus
  4. wah iya gan banyak review juga ada yg menurun page rank nya sama visitor nya ..

    http://battlefuryband.blogspot.co.id/2015/11/cara-mudah-membuat-read-more-otomatis.html

    BalasHapus
  5. Artikelnya Keren Gan ! Jangan lupa kunjungi www.rotansintetisfurniture.com - Furniture Rotan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau cari backlink seperti cara ini, kurang mantap. Trust Me :)

      Hapus

Blogger nggak suka spammer...