Jumat, 28 Agustus 2015

Melihat Data Center milik Google

Ini sebenarnya sudah informasi usang, untuk melihat data center milik Google (Google's data centers) karena pada 17 Oktober 2012 lampau telah dibuka untuk umum. Namun bukan berarti orang bebas masuk kemudian melihatnya, melainkan telah diunggah ke Youtube, video tentang data senter tersebut dan menggunakan teknologi street view untuk bisa "memasuki" dan mengetahui hampir seluruh pojok ruangan dari data center tersebut.

Secara sederhana data center merupakan tempat khusus untuk menampung komunikasi data-data komputer secara terpusat pada satu tempat (server). Ibaratkan sebuah stasiun televisi atau radio yang menayangkan siaran yang berpusat dari stasiun televisi, maka data dan informasi secara virtual/komputer juga berpusat pada pusat data center.

Berkaitan dengan internet, pada data center terdapat jutaan server yang menyimpan semua data secara online selama 24 jam x 7 hari, nonstop. Hampir semua alamat website di internet memiliki data center mereka sendiri, bila data center bermasalah, maka secara otomatis semua website yang berpusat pada data center yang bersangkutan juga akan ikut bermasalah. Termasuk data center milik Google

Melihat Data Center milik Google

Semua pusat data center milik Google dijaga ekstra ketat yang bahkan tidak dapat dimasuki oleh semua karyawan. Oleh karena alasan keamanan, sangat sedikit sekali karyawan yang dapat memasuki data center tersebut. 

Meskipun demikian, kita hanya bisa Melihat Data Center milik Google lewat tayangan berikut:



Atau jika ingin seperti melihat langsung dapat menggunakan versi street viewnya bisa mengunjungi halaman ini.

Beberapa pusat data center milik Google juga ada di beberapa belahan dunia seperti: Di Amerika Serikat, Iowa, Eropa Barat di St. Ghislain, dan Asia Timur di Changhua County, Taiwan. Ada empat zona di wilayah Amerika Serikat dan tiga masing-masing di Eropa Barat dan Asia Timur.
Data Center milik Google - Kanal Informasi