Minggu, 05 April 2015

Sepeda Bermotor Honda Cub F-type

Sepeda Bermotor Honda Cub  F-type adalah benar-benar sepeda yang ditempeli mesin motor 50cc untuk menggerakkan roda belakang. Tangki bahan bakar yang berwarna putih diletakkan di atas spackbor belakang dengan mesin berwarna merah menyala di tengah-tengah roda belakang.

Sebelumnya, Soichiro Honda (salah seorang pendiri Honda Motor Tech) menciptakan A-type, menggunakan V-belt dari karet di tengah-tengah kerangka sepeda. Namun banyak komplain yang mengeluhkan pakaian mereka saat mengendari menjadi kotor. Selain itu, Honda Cup A-type dianggap sangat tidak cocok untuk wanita. Akhirnya Soichiro membuat  Honda Cub  F-type dengan menempatkan mesin di kerangka sepeda bagian belakang.



 Sepeda Bermotor Honda Cub  A-type


Honda Cub  F-type dirancang dan ditujukan sebagai alat transportasi umum yang murah serta mudah untuk dikendarai. Oleh karena itu, Cub dibuat secara masal untuk banyak orang. Namun pada awalnya banyak dealer yang belum berani membeli dikarenakan salah satu sebab adalah perusahaan Honda belum terkenal. 

Soichiro bertemu dengan Fujisawa, terus mendirikan sebuah perusahaan bersamanya dengan nama Honda Motor Tech & Fujisawa Trading Company. Peraturannya cuma satu, Soichiro mengurusi masalah teknik, sementara Fujisawa bertanggungjawab atas manajemen dan keuangan. Fujisawa mendapatkan akal (seperti Cipto Junaedy) untuk menghubungi sekitar 55.000 toko sepeda yang tersebar di seluruh Jepang melalui surat dan membujuk cabang Mitsubishi Bank di Kyobashi, sebagai kreditur utama Honda, untuk mengirimkan surat yang ditandatangani oleh manajernya agar menjamin kredibilitas Honda serta meminta para konsumen mengirimkan pembayaran mereka kepada Honda melalui cabang tersebut.

Berikut contoh surat yang dia kirimkan : 
“Setelah perang Rusia-jepang (1904-1905), daripada membetulkan rantai dan menambal ban, nenek moyang anda dengan berani memutuskan untuk menjual sepeda-sepeda impor. Itulah asal-usul bisnis anda. Sekarang, setelah Perang Dunia II berakhir, situasi sudah berubah. Konsumen anda menginginkan sepeda bermesin. Kami di Honda, memproduksi mesin seperti itu. Kami menjamin penuh kulitas produk kami. Silahkan krim surat kepada kami jika anda tertarik.”

Sepeda Bermotor Honda Cub  F-type pertama tiba di dealer pada bulan mei 1952. Dalam dua bulan, Jun dan Juli, Honda mengirimkan 5.000 unit dan hanya menerima tiga keluhan dari 1 pembeli. Fujisawa bermimpi menggunakan produk ini untuk mewujudkan lompatan besar Honda ke level selanjutnya.


Sepeda Bermotor Honda Cub  F-type

 Sepeda Bermotor Honda Cub  F-type



Spesifikasi Sepeda Bermotor Honda Cub  F-type
  • The Honda Cub F engine, introduced in 1952 
  • Manufacturer Honda Motor Company 
  • Also called Type F 
  • Production 1952-1954 
  • Class Motorized bicycle power unit 
  • Engine 50 cc (3.1 cu in) air-cooled, two-stroke single-cylinder 
  • Bore / stroke 40 mm × 39.8 mm (1.57 in × 1.57 in) 
  • Top speed 35 km/h (22 mph) 
  • Power 1 hp (0.75 kW) @ 3,600 rpm 
  • Torque 0.20 kg·m (2.0 N·m; 1.4 lbf·ft) @ 3,000 rpm 
  • Ignition type Magneto 
  • Transmission Variable 1-speed 
  • Weight 7 kg (15 lb) (without bicycle) (dry) 
  • Fuel capacity 3.2 L (0.70 imp gal; 0.85 US gal)


Saat Ini Honda Motor Co, Ltd merupakan produsen kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat yang terkenal di dunia. Apalagi harga sepeda motor maupun mobil bekas & baru harga jualnya tetap stabil.

Referensi: The Honda Way  (Masaaki Sato) - Kanal Informasi