Rabu, 11 Februari 2015

Pengertian Addon Domain

Pengertian Addon Domain (Add-on Domain) adalah domain yang ditambahkan atau diarahkan ke sebuah domain lain dan menjadi sub-direktori dari domain website tersebut. Sebagai contoh kita mempunyai sebuah alamat website: lenteraseo.com, kita bisa Addon ke namablogku.com dan akan ditampilkan diarahkan menjadi  namablogku.com/sub-direktori(lenteraseo)/.

Ketika lenteraseo.com diakses dari Internet, akan tampil layaknya seperti domain biasa bagi pengunjung tanpa merasakan adanya perbedaan. Padahal yang ditampilkan sebenarnya berada di namablogku.com/sub-direktori(lenteraseo)/.

Addon domain merupakan sebuah penambahan untuk main account web hoating dalam segala hal, termasuk diskspace, bandwidth & cPanel. Akan tetapi Addon domain tidak akan mendapatkan cPanel tersendiri semua diatur dalam satu cPanel Main account (cPanel namablogku.com dalam contoh). Pembuatan FTP account & Email Account untuk lenteraseo.com dapat dilakukan di cPanel namablogku.com.

Dengan kata lain, Addon Domain tidak mendapat cPanel tersendiri, tapi secara fungsi & fitur, sama saja dengan domain / account biasa. Fitur Addon domain ini tidak dibatasi, artinya anda boleh menambahkan berapa pun domain yang anda miliki selama diskspace mencukupi atau menurut kebijakan penyedia web hosting.

Add-on Domain bisa diakses dengan 3 cara, dan untuk contoh di atas yaitu:

  1. http://lenteraseo.com/ (Langsung)
  2. http://lenteraseo.namablogku.com (Sub Domain)
  3. http://namablogku.com/lenteraseo/ (Directory)
umumnya cara 2 dan 3 secara otomatis menjadi domain redirect ke alamat utama.

Cara menambah Addon Domain


1. Melakukan login cPanel di namadomainanda/cpanel. Setelah berhasil login silahkan mengakses menu Addon domain. Seperti pada gambar dibawah ini: