Senin, 16 Maret 2015

Layanan Google Code Akan ditutup

Selamat tinggal kepada Google Code mungkin ucapan yang tepat karena layanan akan ditutup. Untuk pemilik project yang menggunakan layanan tersebut pastilah telah mendapat email informasi dari google-code-noreply@google.com bahwa Google Code shutting down yang disebar 12 Maret 2015.


Mulai 12 Maret 2015, Google Code telah menonaktifkan pembuatan proyek baru serta akan menutup layanan ini pada 25 Januari 2016.

Google Code merupakan layanan hosting proyek pada tahun 2006 milik Google, yang terbatas. Sebenarnya pertengahan tahun 2014 sudah ada tanda-tanda bakal akan terjadi penutupan layanan ini, alasannya adalah: Telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam proses download di Google Code sebagai sumber kejahatan. Banyak pengguna Google Code yang melaporkan bahwa infeksi malware pada GoogleCode meningkat sejak Desember tahun lalu. Ada sekitar 200 laporan dalam 5 bulan terakhir dan laporan lain seperti SMS palsu dengan link ke file yang berbahaya.


Layanan Google Code Akan ditutup


Google juga mengatakan bahwa khawatir tentang keandalan dan stagnasi komunitas open source, maka disarankan migrasi ke layanan GitHub dan Bitbucket  yang telah dianggap sudah cukup berkembang oleh Google. Untuk mempermudah migrasi proyek dari Google Code ke Github, Google telah menyiapkan aplikasi Export to Github.

Jadwal Google code Akan ditutup

  • 12 Maret 2015 - pembuatan proyek baru dinonaktifkan.
  • 24 Agustus 2015 - Situs berjalan read-only. Anda masih dapat checkout / view proyek sumber, masalah, dan wiki.
  • 25 Januari 2016 - Proyek layanan hosting Google code Akan ditutup. Anda akan dapat men-download sumber proyek, masalah, dan wiki sepanjang sisa 2016.
Google akan terus memberikan Git dan Gerrit hosting untuk proyek-proyek tertentu seperti Android dan Chrome.Kami juga akan terus menjaga mirror kami proyek seperti Eclipse, kernel.org dan lain-lain. Untuk lebih lengkapnya cara migrasi dan lain-lainnya lihat Sumber resmi

Untuk Pemilik Blog

Untuk pemilik blog terutama yang memakai blogspot (blogger.com) agar supaya memeriksa kode-kode di template terutama yang menggunakan kode javascript (*.js) dan bersumber dari Google Code. Jika benar-benar ditutup kemungkinan akan banyak blog (widget dan gadget) tidak berfungsi dengan benar. Semua kode javascript (*.js) yang bersumber dari Google Code sebaiknya dipindahkan ke GitHub, Bitbucket atau yang lainnya.

Semoga tidak menggangu jalannya kontes Mobil bekas & baru Jakarta hari ini jualmobilbekas.hol.es atau artikel Tempat Kursus Website, SEO, Desain Grafis Favorit 2015 di Jakarta  serta ulasan Web Hosting Murah dan Berkualitas Asli Indonesia Sanggarhost.com dan yang terakhir artikel  Cipto Junaedy dengan rencana Layanan Google Code Akan ditutup