Kamis, 01 Januari 2015

Istilah Pulsa Dalam Bahasa Asing

Pemakaian istilah pulsa dalam biaya pemakaian percakapan telepon selular entah dipopulerkan oleh siapa dan kapan mulai dipakai di Indonesia. Dalam KBBI lama istilah Pulsa belum ada namun saat ini sudah tercantum dalam versi online. pulsa /pul·sa/ n 1 denyut nadi yg terjadi krn detak jantung; 2 tegangan atau arus yg berlangsung beberapa lama berbentuk segi empat atau gelombang sinus; 3 satuan dl perhitungan biaya telepon; 4 Mus rangkaian denyutan berulang secara teratur yg terasa dl musik, jika pulsa itu terdengaran disebut ketukan.


Istilah Pulsa Dalam Bahasa Asing



Pulsa dalam bahasa Inggris disebut dengan ‘credit’, jika menyebut dengan ‘pulse’ akan berbeda dengan arti dan tidak ada hubungan dengan biaya percakapan seluler. Dalam bahasa Inggris, telepon prabayar yang umum disebut dengan “pay-as-you-go, pay-as-you-talk, pay and go, prepaid wireless, atau prepay.”

Sedangkan untuk istilah ‘isi ulang’ dalam bahasa Inggris umum disebut dengan ‘top up’, jadi mengisi ulang pulsa dalam bahasa Inggris dikatakan dengan ‘top up the balance’. Kalau di negeri kita terpampang tulisan ‘Isi Ulang Pulsa’ maka di negeri yang berbahasa Inggris akan terbaca tulisan ‘Top Up Here’. Sisa pulsa’ dinamakan dengan ‘balance’, dan kalau kita mau mengecek sisa pulsa disebut dengan ‘query the balance’.

Dalam bahasa Inggris ‘masa tenggang’ ini disebut dengan ‘grace period’ yang artinya kelonggaran waktu pengembalian pokok pinjaman dan/atau bunga selama jangka tertentu.

Istilah Pulsa Dalam Bahasa Asing (English)

Pulsa = credit
Beli pulsa =Purchase credit
Sisa pulsa = balance
Cek sisa pulsa = query the balance
Isi ulang = top up
Isi ulang pulsa = top up the balance
Isi pulsa disini = top up here
Masa tenggang = time limit/ grace period
Isi ulang elektrik = electronic reloading

Dalam bahasa Malaysia telepon genggam disebut dengan ‘telepon bimbit’ dan pulsa disebut ‘kredit’. Sisa pulsa disebut ‘baki kredit’. Masa tenggang disebut dengan ‘tarikh luput’

Jadi bagaimana dengan istilah Jualpulsa.com Jual Pulsa Online Murah Terpercaya dalam bahasa asing Inggris maupun Malaysia?

Bahan sumber: http://www.kompasiana.com/gustaafkusno