Sabtu, 15 Maret 2014

Pengertian Point Of Sales dalam Bisnis

Pengertian Point Of Sales dalam Bisnis
Bagi orang awam, istilah Point Of Sales atau disingkat POS (PoS) mungkin kurang familier. Namun jika mendengar kata Kasir, kata tersebut sudah sering didengar bahkan mungkin sering berhubungan saat membeli sesuatu.

Awalnya istilah Point Of Sales (POS) dalam bisnis merupakan titik akhir penjualan dimana konsumen mengakhiri transaksi dengan membayar barang/jasa yang akan dibeli. Istilah ini lebih dikenal dengan nama kasir (check-out counter). Dengan kemajuan teknologi, agar lebih mempercepat dan mempermudah transaksi, proses POS menggunakan perangkat komputer dengan memakai aplikasi (software) POS. POS sering dipakai di bisnis retail, toko, supermarket, hotel, biro perjalanan, tempat pertunjukan, restoran, café n pub, dan sebagainya.

Saat ini, software Point Of Sales (POS), transaksi jual beli tidak lagi hanya sekedar mengkalkulasi harga yang harus dibayar konsumen, transaksi penjualan (retails), namun lebih dari itu aplikasi itu berfungsi juga untuk menangani pengolahan data transaksi pembelian (Purchases), transaksi hutang (liabilities), transaksi pengembalian pembelian (purchase returns), dan pelaporan seluruh transaksi (reporting) dan masih banyak lagi proses data yang lainnya.

Perangkat keras (hardware) Point Of Sales juga ikut berkembang untuk mempermudah input-output data transaksi bisnis seperti All-In-One Workstation, Back Office Servers, Barcode Scanners, Check Readers (MICRs), Graphical Customer Displays, Handheld Data Collection Devices, Signature Capture Devices, dll.

Seiring kemajuan teknologi internet pula, yang dulu data-data POS disimpan di komputer lokal, saat ini memungkinkan data-data bisnis tersebut disimpan di server komputer internet yang berada di tempat lain. Istilah ini disebut Point Of Sales online atau POS Cloud. Dengan menyewa server di internet, memungkinkan data-data tersebut dapat diakses kapan dan di mana saja selama ada koneksi internet. Hanya saja membutuhkan software khusus semacam Software Point of Sales Online Omega POS Cloud yang bersifat native cloud-based application artinya murni berbasis Cloud dan bukan berbasis web dengan operasi sistem Microsoft Windows.


1 komentar:

  1. Terima kasih penjelasannya.. cukup membantu saya untuk memberikan gambaran mengenai point of sales

    BalasHapus

Blogger nggak suka spammer...