Jumat, 01 November 2013

Sejarah Singkat Blogger

Banyak blogger yang telah menggunakan layanan blog Blogger dengan sub domain blogspot, tapi tahu nggak dengan sejarahnya? Awalnya aku juga penasaran dengan yang namanya blogspot, makanya terus cari-cari referensi sejarah Blogger, agar nggak dibilang, “bisanya cuma makai”


Sejarah Singkat Blogger


Blogger itu ternyata dibuat oleh Pyra Labs punya Om Evan Williams dan Meg Hourihan pada tahun 1999 dengan nama awal Pyra yaitu sebuah aplikasi web yang dapat menggabungkan pengelolaan proyek, kontak, dan daftar tugas. Jadi nggak seperti saat sekarang.

Tahun 1999 juga, aplikasi Pyra diubah menjadi Blogger sebagai format blog untuk internet meski masih dalam taraf beta. Paul Bausch dan Matthew Haughey, pada 23 Agustus 1999 mulai menyebarkan blogger, tapi nggak gratis alias musti mengeluarkan fulus jika mau pakai.

Tahun 2002, aplikasi blog Blogger didesain ulang keseluruhan agar lebih simpel, mudah dan ditawarkan kepada perusahan-perusahaan. Globo dari Brazil yang pertama kali berminat. Tahu-tahu, Mbah Google yang masih imut-imut Februari 2003 membeli Blogger. Bukan saja aplikasinya, juga perusahaan sekaligus pendiri dan karyawannya. Mungkin Om Evan Williams salah satu pendiri Pyra, nggak dapat kedudukan enak di Google atau ada alasan lain, mengundurkan diri tahun 2004.

Google rupanya serius untuk buat blog sendiri, Pada 9 Mei 2004, Blogger diacak-acak agar memenuhi standar web. Beberapa fitur ditambah seperti halaman arsip individual untuk posting dan komentar, serta fitur posting melalui email yang gak ada di tempat lain.

Dan yang terpenting Blogger digratiskan sampai sekarang, Cuma harus pakai domain blogspot. Tapi mbah Google masih berbaik hati, jika ingin pakai nama domain sendiri yang nggak ingin terkesan numpang, bisa di-kustom domain.

Dulu blogger boleh menggunakan server lain melalui FTP, tapi 14 Agustus 2006, Blogger dalam tahap beta, dengan kode "Invader, memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan selesai Mei 2007. Ditetapkan mulai 1 Mei 2010, semua blog harus disimpan di server Google, nggak boleh lagi pakai server lain. Mungkin mudah untuk mem-banned, he..he..

Blogger terus mereparasi format blogspot-nya samapi tahun 2013 saat artikel sejarah singkat blogger aku tulis, yaitu:
  • Antar Muka yang baru
  • Integrasi langsung dengan google adsense
  • Integrasi dengan google+ pada kotak komentar dan posting
  • Fitur mobile template yang mana kita bisa memilih desain yang tersesuaikan (responsive).
Tapi aku nggak nemu artikel, alasan kenapa menggunakan nama blogger atau blogspot

sumber sejarah singkat blogger banyak, tapi nggak copas - kanal informasi